Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Ciri-Ciri Novel Dan Cerpen

Pengertian, ciri-ciri novel dan cepren - Pengertian novel yaitu sebuah dongeng yang ditulis oleh pengarang dalam bentuk prosa panjang. Setiap karangan novel niscaya mempunyai tema yang mendasari isi novel tersebut. Didalam novel ada sebuah dongeng yang berkesinambungan dari waktu ke waktu yang menggambarkan suatu kejadian. Ciri-ciri novel antara lain: novel mempunyai alur atau jalan dongeng yang komleks, yang menggambarkan serangkaian insiden panjang yang saling berkaitan, sehingga pembahasan dongeng insiden tersebut sanggup digambarkan secara detail dan mendalam, novel mempunyai tema yang mendasari pembuatan novel.

Tema dalam sebuah novel sanggup terdiri dari beberapa tema, sehingga pembahasan dalam novel sanggup sangan luas sekali , novel niscaya mempunyai tokoh yang memainkan insiden dalam sebuah novel, biasanya tokoh dalam novel melibatkan banyak tokoh atau abjad serta digambarkan secaa detail. Tokoh dalam novel acapkali mempunyai beberapa tokoh utama yang terdiri dari tokoh protagoni dan antagonis. Penokohan ini tergantung dongeng insiden yang akan di sajikan pengarang. Tokoh pelengkap juga sanggup menjadi banyak yang sanggup mendukung dongeng dalam novel tersebut. Biasanya tokoh dalam novel digambarkan secara detail satu-persatu, perihal wataknya menyerupai apa, sifatnya menyerupai apa, kebiasaan yang dilakukannya apa serta kedudukannya dalam dongeng novel tersebut apa.

Novel terdiri dari dua unsur, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik merupakan unsur pembangun novel secara langsung, yang berafiliasi dengan dongeng di dalam novel, contohnya tema, alur, tokoh, sudut pandang, latar, gaya bahasa, amanat. sedangkan unsur ekstrinsik merupakan unsur yang tidak berafiliasi dengan dongeng di dalam novel namun unsur ini besar lengan berkuasa dalam menciptakan novel misalnya, latar belakang budaya penulis, pendidikan penulis dan pengalaman penulis.

Pengertian Cerpen

Cerpen adalan kependekan dari dongeng pendek. Senada dengan namanya jadi pengertian cerpen yaitu sebuah dongeng singkat yang dibentuk oleh pengarang, biasanya kata-kata dalam sebuah cerpen tidak melebihi 10.000 kata. Ceirta alam cerpen biasanya terpusat pada satu peristiwa.

Ciri-ciri cerpen antara lain yaitu ceritanya yang mempunyai alur pendek, lebih pendek dari pada novel, pembahasan dongeng dalam cerpen biasanya tidak sedetail pada novel. Isi dongeng dalam cerpen biasanya berafiliasi dengan insiden yang dialami sehari-hari serta umum terjadi dan dongeng yang diceritakan dalam cerpen tidak detail atau hanya inti kejadiannya saja. Pemakaian kata yang dipakai dalam cerpen sangat sederhana sekali, namun meninggalkan kesan yang mendalam, sehingga gampang dicerna pembaca namun menciptakan pembaca suka membacanya. Singkatnya dongeng dalam cerpen menciptakan orang yang membacanya tidak bosan dan jenuh. Konflik yang disajikan dalam cerpen digambarkan secara sederhana dengan penyelesaian yang sederhana pula, sebab dalam sebuah cerpen terdapat satu insiden saja sehingga konflik yang diberikan tidaklah rumit. Jumlah kata-kata dalam sebuah cerpen tidaklah lebih dari 10.000 kata-kata. Alur dongeng yang dituangkan dalam sebuah cerpen biasanya lurus kedepan, sebab tidak butuh kedetailan kejadian.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Ciri-Ciri Novel Dan Cerpen"