Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Dalam Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah acara pembelajaran yang baik. Saat ini, ada beberapa metode dalam pembelajaran yang selama ini dipakai oleh tenaga pendidik dalam memberikan materi pembelajaran pada penerima didiknya. Masing-masing dari metode tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri, menyerupai yang akan saya jelaskan berikut ini.

1. Metode ceramah. Metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang paling banyak dipakai ketika ini. Ciri utamanya yaitu seorang tenaga pendidik melaksanakan penyampaian materi pembelajaran secara eksklusif atau lisan. Kelebihan dari metode pembelajaran ini yaitu sangat efektif ketika dipakai untuk menyiasati keterbatasan sumber materi pembelajaran layaknya buku pada penerima didik. Sedangkan kelemahan yang dimilikinya yaitu pembelajaran biasanya berlangsung monoton sehingga para penerima didik cenderung pasif dan kurang menikmati pembelajaran.

2. Metode pembelajaran diskusi. Metode pembelajaran jenis kedua ini merupakan salah

satu metode yang dikembangkan oleh para sivitas akademika, dan mempunyai tumpuan utama yakni pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam acara pembelajaran. Metode pembelajaran menyerupai ini lebih cenderung pada pemecahan problem atau problem solving yang dilakukan secara gotong royong di antara penerima didik di dalam kelompok. Kelebihan dari metode pembelajaran ini yaitu para penerima didik akan saling berkomunikasi satu sama lainnya sehingga akan membuat integritas sosial yang baik bila tenaga pendidik bisa membuat situasi pembelajaran yang kondusif. Namun kelemahannya yaitu metode pembelajaran ini bila tanpa pengawasan yang baik sanggup menyebabkan problem di antara para penerima didik.

3. Metode Eksperimental. Pada pembelajaran tertentu semisal pada pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam maka pembelajaran eksperimental sangat baik untuk dilakukan. Dengan melaksanakan percobaan, maka penerima didik akan sanggup mengalami eksklusif apa yang ada di dalam acara pembelajaran sehingga meningkatkan minat mereka untuk belajar. Kelemahannya metode pembelajaran ini memerlukan waktu yang cukup usang dan membutuhkan alat dan juga mungkin biaya tambahan.

4. Metode study tour. Metode ini sesekali waktu sanggup dipakai pada pembelajaran untuk menunjukkan pembelajaran yang menyenangkan bagi para penerima didik. Kelebihannya yaitu bisa memancing minat penerima didik terhadap acara pembelajaran. Sedang kelemahannya yaitu alasannya yaitu metode ini membutuhkan biaya yang tidak mengecewakan besar bila dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lainnya.

Demikian yang sanggup saya sampaikan, supaya menunjukkan banyak manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Metode Dalam Pembelajaran"