Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sekolah Alam

Sekolah alam merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melaksanakan pengembangan pendidikan secara alami menyerupai berguru dari segala makhluk di alam semesta ini. Di samping itu sekolah alam juga merupakan suatu bentuk alternatif pendidikan yang memakai alam untuk media utamanya dalam pembelajaran siswa. Berbeda dengan sekolah biasa yang mana kebanyakan memakai model metode pembelajaran di dalam kelas tanpa membiarkan para siswanya berguru lebih banyak di alam bebas, sementara pada sekolah alam metode belajarnya lebih banyak dengan melaksanakan action learning serta berguru melalui pengalaman. Adapun konsep pendidikan yang diterapkan pada sekolah alam yaitu :

  • Menggunakan alam untuk daerah belajar
  • Menggunakan alam untuk materi dan media ajar
  • Menggunakan alam untuk objek pembelajaran

Sebenarnya sekolah alam sendiri mencoba untuk mengajak para siswanya untuk mengartikan konsep fitrah, yang mana sekolah tidak lagi dijadikan sebagai beban namun lebih sebagai realitas kehidupan yang ilmunya dapat di terapkan pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa keunggulan sekolah alam :

Sekolah ini hadir sebagai jalan keluar untuk mengatasi kebosanan bagi belum dewasa saat berguru sekaligus mewujudkan harapan bagi siapa saja yang peduli akan perubahan dunia pendidikan lebih baik yang anda di Indonesia. Perubahan tersebut tidak hanya pada lokasi atau daerah berguru saja, namun juga terhadap cara pandangnya terhadap dunia pendidikan secara fundamental dan menyeluruh.

Karena sekolah alam, maka lokasi belajarnya pun ada di alam bebas. Sehingga pihak sekolah tidak menyediakan bangunan layaknya sekolah reguler. Kaprikornus para siswa di sana dapat berguru sekaligus mencicipi keindahan alam dan juga menghirup udara yang segar tiap harinya.

Di sini semua siswa dapat bebas berekspresi termasuk dalam melaksanakan banyak sekali eksperimen. Selain itu murid-murid juga dapat mengeksplorasi segalanya yang ada di sekitar mereka tanpa adanya aturan-aturan yang dapat membatasi rasa keingintahuan mereka.

Membuat anak lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, sehingga selain dapat menghargai perbedaan-perbedaan yang ada juga dapat mengajarkan betapa pentingnya menghargai alam.

Meskipun secara kurikulum sekolah alam dengan sekolah reguler tidak jauh berbeda, namun ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh sekolah reguler dan itu merupakan salah satu cara perubahan lebih baik yang diterapkan di dunia pendidikan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sekolah Alam"