Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Sekolah

Pada dasarnya istilah antara administrasi pendidikan dan juga manajemen sekolah memiliki maksud dan pengertian yang sama yaitu suatu perjuangan yang dilakukan secara bersama dalam suatu kelompok insan biar lebih efisien dalam mencapai tujuan pendidikan sekolah. Sementara tujuan daripada administrasi sekolah itu sendiri memang tidak dapat lepas dari tujuan sekolah sebagai sebuah organisasi. Manajemen yang baik yaitu apabila di dalamnya ada aktivitas pengelolaan menyerupai kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang dengan status dan mempunyai kewenangan sebagai manajer. Namun untuk tujuan lebih jelasnya yaitu menciptakan efektivitas produksi di setiap jenjang pendidikan, dengan begitu para lulusan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan dapat beradaptasi dalam lingkungan masyarakat.

Adapun fungsi administrasi sekolah berkaitan degan pekerjaan sekolah yang mana pengelolaan sekolah dapat di klasifikasikan menurut wujud masalahnya, aktivitas manajemennya dan juga aktivitas kepemimpinannya. Kaprikornus fungsi tersebut dapat terlihat dari wujud duduk kasus yang terdiri dari bidang substansi dari administrasi sekolah. Masalah yang merupakan bidang substansi atas manajemen sekolah tersebut terdiri dari :

• Perencanaan

Perencanaan yaitu aktivitas yang dilakukan untuk menetapkan tujuan yang hendak dicapai dan juga bagaimana cara mencapai tujuan tersebut

• Pengorganisasian

Pengorganisasian di sini yaitu berupa tindakan untuk mengusahakan kekerabatan yang efektif antar orang-orang, jadi mereka dapat bekerja dengan lebih efisien dan juga dapat mendapat kepuasan langsung dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu maupun kondisi lingkungan tertentu untuk mencapai sasaran.

• Pengarahan

• Pengorganisasian

• Pengawasan

Pengawasan atau yang sering disebut controlling ini merupakan fungsi administrasi yang sama pentingnya di dalam sebuah organisasi. Karena semua fungsi yang terdahulu tidak dapat efektif tanpa disertai dengan fungsi pengawasan.

• Penilaian

• Pelaporan

• Penentuan anggaran

Adapun fungsi dari administrasi sekolah apabila kita lihat dari aktivitas kepemimpinannya, maka akan lebih ditekankan terhadap bagaimana cara seorang manajer dapat mengajak, mensugesti dan mengatur adanya kekerabatan dengan orang lain biar dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan. Di sini seorang manajer sekolah sebaiknya dapat menerapkan bagaimana referensi kepemimpinan yang lebih efektif. Selain itu referensi kepemimpinan efektif itu merupakan model atau gaya kepemimpinan yang juga memperhatikan kekerabatan antara sesama insan serta kondisi dan situasi di mana kita berada.

Sehingga dari klarifikasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa yang namanya pengelolaan atau administrasi sekolah merupakan komponen integral yang tidak dapat kita pisahkan dari suatu proses pendidikan secara menyeluruh, lantaran dengan administrasi itulah kita dapat mewujudkan tujuan pendidikan secara optimal.

Posting Komentar untuk "Manajemen Sekolah"