Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Renang Bagi Tubuh

Manfaat Renang bagi Tubuh 

Renang merupakan olahraga air yang banyak digemari oleh masyarakat dari banyak sekali kalangan. Selain berolahraga orang juga sanggup berenang sambil berekreasi di wahana air atau waterboom.. Olahraga renang menunjukkan banyak manfaat bagi tubuh.

Beberapa manfaat berenang bagi tubuh :
1. Membentuk dan menguatkan otot
Air memiliki Kepadatan 12 kali lipat dibandingkan dengan udara sehingga setiap gerakan yang dilakukan di dalam air seperti tanpa hambatan. Orang yang berenang secara teratur selama air 8 ahad menciptakan otot trisepnya mengalami peningkatan massa sebesar 23.8%. Berenang yang dilakukan secara teratur dengan ritme yang cepat sanggup meningkatkan Ketahanan kardio, kekuatan otot , dan juga ketahanan otot.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Berenang yang dilakukan dengan rutin sanggup meningkatkan efisiensi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh

3. Membakar kalori
Berenang merupakan olahraga yang cukup ampuh memperabukan kalori dalam tubuh. Berenang selama 30 menit bisa memperabukan 200-300 kalori yang ada di dalam tubuh.

4. Mencegah stres dan depresi
Ketika berenang otot-otot di dalam badan akan mengalami
peregangan dan relaksasi yang disertai dengan irama teknik pernafasan yang tepat, hal inilah yang mengurangi stress dan depresi. Ketika berenang badan melepaskan hormon endorfin, atau hormon antistres, sehingga berenang sanggup mencegah stress.

5. Mencegah diabetes
Berenang yang dilakukan secara rutin dengan intensitas 3 kali per ahad selama 30 menit bisa memperabukan 900 kalori di dalam badan dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin sehingga mencegah datangnya diabetes.

6. Memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh
Berenang secara rutin bisa memperbaiki keseimbangan antara kolesterol kolam (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) dengan cara meningkatkan kadar HDL sebesar 1 % yang bisa mencegah penyakit jantung koroner.

7. Menyembuhkan tanda-tanda asma
Air memiliki kadar kelembaban yang baik bagi penderita tanda-tanda asma disarankan rajin berenang untuk mengurangi tanda-tanda asma yang sering tiba dengan tiba-tiba. Berenang sanggup mengajarkan teknik pernafasan yang sempurna meningkatkan volume paru-paru.

8. Menguragi Gejala Arthritis
Ketika berada di dalam air badan menjadi lebih ringan, semakin banyak anggota badan yang tercelup ke dalam air maka badan juga akan semakin ringan. Kolam renang menjadi sarana yang baik sebagai daerah bekerjanya otot dan sendi yang kaku. Berenang bisa meningkatkan kerja persedian dan mencegah osteoporosis. Kolam renang air hangat sangat baik bagi penderita arthritis sebab melonggarkan sendi-sendi yang kaku. Berenang juga bisa meningkatkan kekuatan tulang dan persendian terutama bagi perempuan yang sudah mengalami menopause.
Demikianlah sekilas perihal manfaat berenang bagi tubuh, biar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Renang Bagi Tubuh"