Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerak Taksis Pada Tumbuhan

Gerak yaitu satu bentuk ciri- ciri dari makhluk hidup. Gerakan yang terjadi pada setiap makhluk hidup mempunyai tujuan untuk melaksanakan seluruh rutinitas hidupnya. Gerak pada tubuhan sangatlah berbeda dengan gerak yang dilakukan oleh makhluk hidup lainnya menyerupai binatang dan juga manusia. Ada banyak banget jenis gerak pada tumbuhan, menyerupai gerak autonom, gerak esionom, gerak higroskopis. Didalam gerak esionom ada suatu gerakan yang sering dikenal dengan gerak taksis pada tumbuhan.

Gerakan yang terjadi pada tumbuhan mempunyai sifat yang pasif, gerakan pada tumbuhan tidak sanggup berpindah daerah yaitu tumbuhan itu masih berada di suatu daerah yang sama tidak sanggup beralih ketempat yang lain menyerupai yang sering dilakukan pada binatang dan juga manusia. Gerakan pada tumbuhan sanggup terjadi dikarenakan adanya suatu rangsangan atau stimulus dari makhluk hidup yang lain. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sesungguhnya tumbuhan mempunyai aneka macam jenis gerakan, dan dari masing- masing gerakan tersebut terjadi alasannya rangsangan yang berbeda- beda dari makhluk yang lainnya.

Gerak pada tumbuhan

Gerak pada tumbuhan terjadi alasannya adanya rangsangan dari makhluk hidupa yang lainnya. Ada beberapa gerak yang terjadi pada tumbuhan diantaranta yaitu :

  1. Gerak autonom. Gerak autonom yaitu gerak yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya sebuah rangsangan dari luar. Gerak autom sering dikenal dengan gerak endonom atau juga disebut dengan gerak spontan
  2. Gerak esionom. Gerak esionom merupakan gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang diakibatkan alasannya adanya ransangan dari makhluk lain atau ransangan yang tidak berasal dari dalam badan tumbuhan itu sendiri. 
  3. Gerak higroskopis. Gerak higroskopis yaitu gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi alasannya adanya perubahan yang terjadi pada kadar air yang terkandung didalam sel tumbuhan dan mengakibatkan adanya pengerutan pada tumbuhan.

Gerak taksis pada tumbuhan

Gerak taksis pada tumbuhan yaitu suatu gerakan yang terjadi alasannya adanya ransangan dari luar atau alasannya adanya ransangan dari makhluk hidup lain seperi binatang dan manusia. Gerakan pada tumbuhan ada juga yang terjadi alasannya menerima ransangan dari dalam tubuhnya sendiri. Gerak taksis akan menimbulkan semua badan pada tumbuhan bergerak, rah gerak yang terjadi pada tumbuhan ditentukan dari arah pada ransangannya. Dilihat dari jenis ransangannya, gerak taksis sanggup dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya yaitu sebagai berikut :
  • Fototaksis yaitu suatu gerakan yang terjadi alasannya menerima ransangan cahaya
  • Kemotaksia yaitu suatu gerakan yang terjadi alasannya adanya ransangan dari zat kimia 
  • Galvanotaksis yaitu gerakan yang terjadi alasannya menerima ransangan dari listrik 
  • Termotaksis aadalah gerakan yang terjadi alasannya adanya efek ransangan suhu 
  • Gravitaksis yaitu gerakan yang terjadi akhir adanya ransangan dari gravitasi bumi 
  • Tigmotaksis yaitu gerakan yang terjadi alasannya adanya sentuhan dengan makhluk lain 
  • Reotaksis yaitu gerakan yang terjadi alasannya ransangan air 
  • Phonotaksis yaitu gerakan yang terjadi alasannya adanya ransangan suara

Posting Komentar untuk "Gerak Taksis Pada Tumbuhan"