Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Sistem pencernaan pada insan sanggup mengalami gangguan. Adapun gangguan sistem pencernaan insan disebabkan oleh banyak sekali faktor. Faktor penyebab gangguan pada sistem pencernaan insan contohnya mengkonsumsi masakan yang tidak sehat, contoh makan yang tidak teratur. Gangguan sistem pencernaan insan :

1. Gastritis
Gastritis merupakan gangguan sistem pencernaan dimana terjadi peradangan pada dinding lambung. Gastritis disebabkan lantaran kadar asam klorida (Hcl) terlalu tinggi. Gastriris juga sanggup disebabkan oleh masakan yang banyak mengandung kuman-kuman penyakit.

2. Diare
Diare merupakan gangguan pencernaan dimana perut terasa mulas dan feses penderita encer . Diare terjadi lantaran selaput dinding usus besar mengalami iritasi. Adapun penyebab diare lantaran mengkonsumsi masakan yang mengandung kuman sehingga gerakan peristaltik usus tidak terkendali dan tidak terjadi absorpsi air di dalam usus besar. Apabila feses penderita bercampur dengan darah atau nanah, tanda-tanda tersebut menunjukka penderita mengalami desentri yang disebabakan oleh infeksi basil Shigella pada dinding usus besar penderita.

3. Konstipasi (sembelit)
Sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana penderita mengeluarkan feses yang keras. Sembelit terjadi lantaran absorpsi air oleh usus besar terlalu banyak. Sembelit disebabkan oleh kebiasaan jelek seseorang yang selalu menunda buang air besar, kurangnya mengkonsumsi masakan berserat menyerupai buah dan sayuran.

4. Maag
Maag merupakan gangguan pencernaan dimana penderita merasa perih pada dinding lambung diserati rasa mual dan perut kembung. Maag terjadi lantaran kadar asam lambung terlalu tinggi. Maag disebabkan lantaran contoh makan yang tidak
teratur, pikiran yang terlalu tegang ataupun stress. Penyebab penyakit maag pada insan yakni basil Helicobakter pylori .

5. Hepatitis
Hepatitis merupakan gangguan pencernaan akhir infeksi virus pada hati. Virus tersebut masuk ke dalam badan melalui masakan maupun air yang dikonsumsi. Selain faktor masakan hepatitis juga disebabkan lantaran faktor keturunan.

6. Apendisitis
Apendisitis merupakan gangguan pencernaan dimana terjadi peradangan pada umbai cacing atau usus buntu. Apendisitis disebabkan oleh bakteri.

7. Hemaroid (wasir)
Wasir atau sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana pembuluh vena mengalami pembengkakan di sekitar anus. Sembelit seringkali dialami oleh ibu hamil maupun oarang yang terlalu banyak duduk.

8. Tukak lambung
Tukak lambung merupakan gangguan pencernaan dimana selaput lendir pada lambung mengalami kerusakan lantaran terlalu banyak mengeluarkan asam lambung. Tukak lambung disebabkan oleh kuman maupun oleh rasa cemas yang berlebih, ketakutan maupun stress.

9. Radang usus buntu
Radang usus buntu merupakan gangguan pencernaan kaena usu buntu mengalami infeksi oleh bakteri. Radang usus buntu terjadi lantaran tersumbatnya lubang antarausus buntu dan usus besar oleh lendir maupun oleh biji cabe.

10. Sariawansariawan merupakan gangguan pencernaan dimana mulut, gusi maupun pengecap terluka dan terasa perih ketika makan. Sariawan terjadi lantaran panas dalam pada rongga ekspresi dan rongga lidah. Sariawan disebabkan kekurangan vitamin C.

11. Sakit gigi
Sakit gigi disebabkan lantaran gigi berlubang. Sakit gigi besar lengan berkuasa terhadap kerja ginjal dan jantung. Gigi berlubang disebabkan lantaran terlalu banyak mengkonsumsi masakan bagus yang mengandung gula.

12. Mallnutrisi (Gizi buruk)
Gizi jelek merupakan gangguan pencernaan dimana pembentukan enzim pencernaan mengalami gangguan.
Gizi jelek disebabkan sel-sel pancreas atropi terlalu banyak kehilangan reticulum endoplasma.

13. Cacingan

Posting Komentar untuk "Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia"