Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi hati dalam sistem pencernaan insan – Hati merupakan salah satu organ yang terdapat dalam badan manusia. Hati mempunyai banyak sekali macam fungsi bagi badan manusia. Salah satu fungsi hati yakni sebagai alat yang membantu proses pencernaan pada manusia. Sebelum aku bahas secara lebih lanjut wacana fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia, aku bahas dulu lebih dalam wacana letak hati. Hati yang terdapat di dalam badan insan terletak pada rongga perut yang berada di bab kanan. Hati pada insan itu terdiri dari dua buah lobus yang besar dan terletak di bab kanan dan juga bab kiri. Hati pada insan itu pada umumnya mempunyai berat kurang lebih sampai dua kilo gram.

Fungsi hati pada manusia

Saat ini, anda niscaya sudah tahu dimana letak hati yang sesungguhnya. Letak hati yang sesungguhnya yakni berada di dalam rongga perut bab kanan. Pada uraian diatas telah dikatakan bergotong-royong hati insan mempunyai berat kurang lebih sampai dua kilo gram. Setelah anda mengetahui lebih dalam wacana hati, ada satu hal yang perlu anda ketahui lagi sehabis letaknya. Satu hal yang perlu anda ketahui lagi yakni mengenai fungsi hati. Anda sangat perlu untuk mengetahui fungsi hati pada manusia. Diatas juga telah aku sebutkan bahwa salah satu fungsi hati pada insan yakni sebagai salah satu organ yang membantu proses pencernaan. Apakah fungsi hati dalam sistem pencernaan manusia? Berikut penjelasannya.

Fungsi hati dalam sistem pencernaan

Hati merupakan sebuah organ yang terbesar yang ada dalam badan insan selain kulit. Salah satu fungsi hati pada insan yakni membantu dalam sistem pencernaan. Fungsi hati dalam sistem pencernaan tersebut ada tiga yaitu :
  1. Hati sebagai penghasil empedu. Fungsi hati dalam sistem pencernaan yaitu untuk menghasilkan empedu. Empedu yang dihasilkan oleh hati sangat diharapkan dalam proses pencernaan untuk memecahkan lemak. Hati bertugas untuk menciptakan empedu dan juga menyimpannya pada kantong empedu. Pada ketika seseorang telah mengkonsumsi suatu makanan yang berlemak, maka kandung empedu akan segera melepas cairan empedu ke lambung guna membantu asam untuk memecahkan lemak yang terdapat pada lambung.
  2. Hati bertugas untuk memproses nutrisi dan juga racun. Pada ketika seseorang makan, maka lambung dan juga usus halus akan mencerna makanan yang insan itu makan. Makanan yang telah dipecahkan akan segera diserap pada dinding usus dan akan berjalan menuju ke hati. Kemudian hati akan memecah zat tersebut untuk sanggup diolah lebih lanjut oleh organ pencernaan selanjutnya. 
  3. Hati sebagai akseptor dan juga penghasil glukosa. Hati merupakan sebuah organ yang paling banyak menghasilkan dan juga mendapatkan glukosa. Glukosa yang diterima atau di hasilkan oleh hati kemudia akan di gunakan untuk proses pencernaan di dalam usus halus.

Posting Komentar untuk "Fungsi Hati Dalam Sistem Pencernaan Manusia"