Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pelanggaran Norma Agama Dan Kesusilaan

Contoh pelanggaran norma agama dan kesusilaan - Manusia merupakan makhluk sosial yang harus hidup berkelompok dan bermasyarakat oleh alasannya yaitu itu ada konsekwensi yang harus diterimanya. Konsekwensi tersebuat merupakan seperangkat hukum yang harus dipathi, hukum tersebut bergotong-royong juga untuk kepentingan anggota masyarakatnya sendiri, semoga tercipta kehidupan yang tentram, kondusif dan damai. Norma atau hukum yang dibentuk tersebut sanggup dijadikan aliran oleh setiap anggota masyarakatnya, sehingga setiap anggota masyarakat sanggup mengetahui hal yang menjadi hak dan kewajibannya.

Norma merupakan seperangkat peraturan yang mengikat langsung insan serta mengatur langsung insan atau antar insan serta mengatur insan dengan kelompoknya dan mengatur kelompok yangsatu dengan kelompok lainnya. Menurut isi wujudnya norma sanggup berupa:

1. Perintah,

Perintah dalam norma merupakan sikap yang harus dilakukan alasannya yaitu dianggap bermanfaat

2. Larangan,

Larangan dalam norma merupakan sikap yang harus dihindari karenan dianggap tidak bermanfaat dan berdampak jelek

Sejak dalam awal kehidupannya insan sudah dibatasi oleh aturan-aturan yang berlaku yang balasannya menghipnotis tingkah laris serta perkembangannya. Pada awal kehidupannya peraturan yang berlaku berasal dari dalam keluarga yang nantinya meluas ke lingkungannya dan semakin bertambah usia akan semakin luas cangkupan peraturan itu. Manfaat norma yaitu memperlihatkan aba-aba

Norma-norma yang berlakuu sanggup dipertahankan oleh adanya hukuman yang majemuk tergantung seberapa berat pelanggaran tersebut yang akan didapatkan seseorang apabila ia melanggar norma.

Norma agama yaitu salah satu bab norma yang bersumber dari landasan agama, perintah dan larangan Tuhan suatu agama yang didapatkan melalui wahyu para nabi-Nya. Bagi orang yang percaya akan agama, perintah Tuhan yaitu hal mutlak yang wajib dipatuhi, dijalankan dan dilaksanakan, tanpa ada pengecualian. Norma agama tdak hanya mengatur wacana hubungan antar insan tersebut dengan Tuhannya, namun juga mengatur wacana hubungan antara insan dengan insan lainnya, insan tersebut dengan lingkungannya serta mengatur wacana bagaimana hubungan insan tersebut dengan makhluk Tuhan lainnya. Bagi orang yang melanggar norma agama akan menerima dosa yang harus diterima ketika meninggal nanti. 

Contoh pelanggaran norma agama:

· Tidak menjalankan solat 5 waktu dan puasa ketika ramadhan

· Menyakiti anak yatim

· Membunuh, mencuri, menipu

· Tidak membayar zakat fitrah, zakat maal

· Mampu namun tidak melakukan ibadah haji

· Tidak percaya Tuhan, dll

Sedangkan norma kesusilaan merupakan hukum yang berdasar kebaikan hati yang ada pada setiap diri manusia. Bagi orang yang melanggar norma kesusilaan akan dikucilkan dan di cemooh, Contoh pelanggaran norma kesusilaan contohnya : berkata bohong, berlaku curang, memfitnah orang lain, menganiaya orang lain, merendahakan orang lain alasannya yaitu hartanya, memarahi orang yang tidak bersalah, menipu orang lain, mengambil hak orang lain, dan masih banyak lagi.

Posting Komentar untuk "Contoh Pelanggaran Norma Agama Dan Kesusilaan"