Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Gerak Endonom

Contoh gerak endonom – Pada kesempatan hari ini aku akan membahas perihal ilmu biologi. Dan postingan artikel aku kali ini juga tidak kalah menarik dengan postingan postingan aku yang sebelumnya yang bekerjasama dengan ilmu biologi juga. Pada postingan postingan yang sebelumnya, aku sudah sering sekali membahas perihal ilmu biologi menyerupai manusia, binatang dan juga tumbuhan. Di kesempatan kali ini yang akan aku bahas seputar perihal dunia tumbuhan khususnya duduk masalah gerak yang di miliki oleh tumbuhan.

Kita semua mungkin sudah mengetahui bahwa salah satu ciri yang dimiliki oleh setiap organisme yaitu gerak. Manusia mempunyai ciri gerak, binatang mempunyai ciri gerak, begitu juga dengan tumbuhan. Tumbuhan merupakan salah satu jenis organism yang ada di dunia ini, maka dari itu tumbuhan juga mempunyai ciri gerak. Meskipun gerak yang dihasilkan oleh tumbuhan itu berbeda dengan gerak yang dihasilkan dari organism lain menyerupai insan dan juga tumbuhan.

Gerak pada organism tumbuhan itu di sebabkan lantaran ada ataupun tidaknya sebuah rangsangan, baik rangsangan dari luar ataupun dari dalam. Nah jenis rangsangan yang sanggup menghasilkan gerak pada tumbuhan itu sendiri sanggup dihasilkan dari cahaya, dari sentuhan, dari kinera, dari gravitasi ataupun juga sanggup dihasilkan dari suhu udara. Arah gerak yang dimiliki oleh tumbuhan itu berbeda beda ada yang bersifat mendekati dan ada pula yang bersifat menjauhi dari rangsangannya.

Nah pada dikala ini tentu saja anda sedang bertanya tanya mengenai apa saja gerak pada tumbuhan tersebut? Sebetulnya gerak pada tumbuhan yang di peroleh lantaran adanya rangsangan itu ada dua macam yaitu gerak endonom dan gerak ttionom. Namun, pada kesempatan ini aku akan bahas dulu seputar gerak endonom.

Gerak endonom

Gerak Endonom itu merupakan sebuah gerak pada tumbuhan yang dihasilkan tanpa memerlukan imbas factor. Seperti yang sudah aku jelaskan tadi diatas, jikalau gerak pada tumbuhan itu sanggup dipengaruhi oleh ada atau tidaknya jenis rangsangan. Nah, salah satu jenis gerak yang tidak membutuhkan rangsangan yaitu gerak endomom. Adapun untuk gerak pada tumbuhan yang memerlukan adanya rangsangan itu yaitu gerak etinom.

Gerak etinom merupakan gerak pada tumbuhan yang membutuhkan adanya rangsangan dari luar menyerupai rangsangan kimia ataupun rangsangan fisik menyerupai suhu udara, cahaya, dan lain sebagainya. Karena pada kesempatan ini aku khususkan untuk membahas gerak endomon maka dari itu pada uraian di bawah akan aku sebutkan mengenai teladan gerak endonom. Untuk lebih jelasnya pribadi saja anda simak penjelasannya.

Contoh gerak endonom

Sudah aku jelaskan diatas, bahwa gerak endonom merupakan gerak pada tumbuhan yang tidak membutuhkan rangsangan. Contoh gerak endonom yaitu gerak mengalirnya zat protoplasma yang sanggup untuk anda lihat pada sel sel elodia selain itu juga sanggup anda lihat pada gerak kromosom pada dikala melaksanakan pembelahan.

Contoh dari pada gerak endonom yang lainnya yaitu gerak terpecahnya kulit buah pada tumbuhan polong polongan yang telah mengering, selain itu juga sanggup dilihat dari gerak membukanya gigi pada peristom pada tumbuhan sporangium lumut gerak ini disebut dengan gerak higrokopis. Gerakan ini biasanya disebabkan lantaran berkurangnya jumlah air yang secara terus menerus, dan menjadikan biji, buah, maupun sporangium itu menjadi retak.

Posting Komentar untuk "Contoh Gerak Endonom"