Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Dasar Pendidikan Abjad Anak

Pendidikan abjad adalah sebuah sistem yang dipakai untuk menanamkan nilai-nilai abjad pada penerima didik. Pendidikan abjad anak harus diberikan dengan baik oleh orang bau tanah maupun guru semoga moralitas anak sanggup terbentuk dengan baik. Pendidikan abjad ini paling baik diberikan pada ketika anak menginjak usia 5 tahun hingga pada sebelas tahun. Pendidikan abjad pada anak ini yaitu modal yang sangat penting bagi anak untuk memilih karakternya di kemudian hari.

Pendidikan Karakter Anak

Secara lebih jelasnya, pendidikan abjad anak adalah sebuah sistem yang berusaha untuk penanaman nilai, karakter, oleh warga sekolah yang komponen-komponennya mencakup pengetahuan, kesadaran, kemauan, serta tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan abjad paling baik diberikan dengan cara mempengaruhi siswa secara tidak pribadi dengan menunjukkan pola sikap yang baik kepada penerima didik. Hal ini dikarenakan pendidikan abjad pada anak tidak sanggup dilakukan secara paksa. Anak harus berguru sendiri untuk memahami abjad seseorang melalui unsur efek yang diberikan oleh guru.

Empat ciri dasar mengenai pendidikan abjad anak yang dikemukakan oleh FW Foerster, Seorang tokoh penggagas pendidikan abjad di Jerman, yaitu sebagai berikut. Pertama, pendidikan abjad lebih menitik beratkan pada tindakan yang berpedoman terhadap nilai secara normatif. Peserta didik di dorong untuk memahami dan menghormati norma-norma yang ada, serta berpedoman pada norma itu sendiri, penerima didik juga harus bisa membangun keberanian serta akidah diri sehingga penerima didik sanggup berubah menjadi pribadi yang berpendirian teguh, serta tidak gampang terombang-ambing oleh keadaan. Peserta didik juga diperlukan untuk sanggup bertanggung jawab atas segala resiko yang telah ia perbuat.

Ciri dasar selanjutnya yaitu adanya otonomi, yaitu penerima didik memahami, menghayati, sekaligus mengamalkan norma dari luar hingga menjadi nilai pribadi. Dengan demikian, anak didik sanggup berguru berdikari dalam mengambil keputusan penting atas dirinya sendiri. Selanjutnya yaitu mengenai keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan ini yaitu daya tahan penerima didik dalam rangka mewujudkan apa yang dianggapnya baik. Sedangkan kesetiaan yaitu landasan penghormatan atas segala janji yang telah dipilih. Pendidikan abjad anak sebaiknya mengamalkan ciri-ciri yang dikemukakan oleh FW Forester ini.

Posting Komentar untuk "Ciri Dasar Pendidikan Abjad Anak"