Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melaksanakan Senam Yoga

Bagaimana cara melaksanakan gerakan senam yoga ? gerakan dalam senam yoga sanggup anda lakukan di sanggar senam ataupun di rumah. Senam yoga secara teratur menunjukkan banyak manfaat bagi tubuh. Yoga sanggup meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuh, mengencangkan otot-otot tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan daya ingat, dan juga menunjukkan perasaan tenang. Mengingat aneka macam manfaat yang diberikan oleh senam yoga, tidak ada salahnya anda mencoba untuk melaksanakan senam yoga secara teratur. Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi sanggar senam, anda sanggup melaksanakan beberapa gerakan yoga di rumah.

Cara melaksanakan gerakan senam yoga dirumah :

a. Standing Forward Fold
Cara melaksanakan gerakan forward fold dengan posisi awal bangkit tegak, sambil menarik napas kemudian kelurrkan nafas secara perlahan dengan posisi membungkuk. Luruskan kedua tangan ke arah bawah hingga menyentuh lantai. Apabila anda tidak bisa melaksanakan gerakan ini anda sanggup menekuk sedikit lutut anda. Gerakan ini berkhasiat untuk meregangkan bab belakang badan menyerupai punggung, tulang belikat, betis, dan pantat.

b. Upward Hand Pose
Cara melaksanakan gerakan upward hand pose dengan posisi awal bangkit tegak sambil menarik nafas secara perlahan-lahan kemudian mengayunkan kedua tangan ke atas. Kedua tangan mengatup di atas kepala sambil punggung ditarik ke arah dalam
hingga membusung. Gerakan ini berkhasiat untuk meregangkan bab depan badan menyerupai dada, perut, pinggul dan bahu.

c. Mountain Pose
Cara melaksanakan gerakan mountain pose dengan posisi awal bangkit dan kedua tangan mengatup di depan dada. Kedua kaki dilebarkan sejajar dengan pinggul, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan. Anda juga boleh mengangkat salah satu kaki untuk melatih keseimbangan badan anda secara bergantian. Gerakan ini berkhasiat untuk menciptakan anda menjadi lebih hening dan stabil.

d. Plank Pose
Cara melaksanakan gerakan plank pose dengan posisi awal tengkurap di atas matras kemudian tekuk lutut hingga kedua tangan sanggup menyentuh matras. Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan sambil meluruskan kaki ke belakang . usahakan supaya posisi tangan sejajar dengan pundak dan posisi badan lurus. Posisi plank pose hampir sama dengan posisi push-up. Gerakan ini bergunan untuk menguatkan otot pundak dan otot perut.

e. Child’s Pose
Cara melaksanakan gerakan child’s pose dengan posisi awal tengkurap kemudian berlutut pada lantai dengan kedua posisi kaki saling bersentuhan. Buka lutut selebar pinggul kemudian duduklah pada tumit anda. Kemudian membaringkan badan diantara paha kemudian bawa dahi anda ke matras. Kedua lengan diluruskan ke depan hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai. Tarik nafas dalam-dalam sambil menutup mata dan tahan posisi ini selama 1 menit. Gerakan ini berkhasiat untuk meregangkan paha depan, pinggul, dan punggung.

Demikianlah beberapa cara melaksanakan senam yoga, selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Melaksanakan Senam Yoga"