Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Menurut Para AhliWirausaha berasal dari kata wira yang artinya utama gagah, luhur, berani, teladan atau pejuang dan juga perjuangan yang artinya suatu aktivitas yang dilakukan secara terus menerus untuk mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memperoleh keuntungan. Berdasarkan kedua makna tersebut maka sanggup disimpulkan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan perjuangan dalam rangka memperoleh keuntungan. Sedangkan untuk bisa memperjelas definisi dari wirausaha, maka berikut ini merupakan definisi wirausaha secara umum dan berdasarkan para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Secara Menurut Para Ahli


Secara umum, wirausaha sanggup diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan untuk mengerjakan sesuatu yang gres atau kreatif dan juga inovatif yang menunjukkan manfaat dengan nilai yang lebih. Sedangkan definisi wirausaha berdasarkan para jago ialah sebagai berikut :

1. Geoffrey G. Meredith

Meredith beropini bahwa wirausaha merupakan orang-orang yang mempunyai kemampuan dalam melihat dan juga menilai kesempatan-kesempatan yang ada dalam dunia bisnis dan mengumpulkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka membuat laba dengan memakai tindakan yang sempurna untuk memastikan suatu kesuksesan.

2. Joseph Schumpeter (1934)

Schumpeter merupakan seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui suatu kombinasi-kombinasi baru. Biasanya kombinasi-kombinasi tersebut dikenalkan dalam bentuk perkenalan produk baru, memperkenalkan metode produksi yang baru, membuka pasar yang baru, memperoleh sumber pemasukan yang gres dan juga menjalankan suatu organisasi yang gres dalam suatu industri.

3. Eddy Soeryanto Soegoto

Soegoto memaparkan kewirausahaan merupakan suatu perjuangan kreatif yang dibangun atas dasar penemuan yang mempunyai kegunaan untuk menghasilkan sesuatu hal yang baru, mempunyai nilai tambah, menunjukkan banyak manfaat, membuat lapangan pekerjaan dan hasil mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan orang lain.

4. Zimmerer (1996)

Zimmer menyebutkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan sebuah penemuan dan kreativitas untuk memecahkan suatu dilema dan juga menemukan peluang yang dipakai untuk memperbaiki kehidupan usaha.

5. Drs. Joko Untoro

Sedangkan berdasarkan Drs. Joko Untoro mengutarakan bahwa kewirausahaan sebagai suatu keberanian yang dipakai untuk melaksanakan banyak sekali upaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup yang akan dilakukan oleh seseorang berdasarkan dengan kemampuan yang memanfaatkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.

6. Arif F. Hadipranata

Hadipranata mendefinisikan wirausaha sebagai sosok yang berani mengambil dan menanggung segala macam risiko yang diperolehnya dari semua aktivitas perjuangan yang akan dilakukannya.



7. Andrew J Dubrin

Sedangkan Dubrin menjelaskan wirausaha sebagai seseorang yang melaksanakan berbaahai hal yang inovatif dan juga bermanfaat untuk sesama.

8. Robbin dan Coulter

Robbin dan Coulter menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang atau kelompok akan menunjukkan segala daya dan upayanya yang telah terorganisasi untuk bisa mencari suatu peluang dan membuat sesuatu yang mempunyai kegunaan dan juga manfaat dari sebuah penemuan dan keunikan tanpa harus memerhatikan sumber daya yang digunakannya pada ketika itu.

9. Jean Baptista Say

Baptista menjelaskan bahwa wirausaha merupakan penggabungan banyak sekali macam alat produksi yang dipakai untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari apa yang telah diproduksinya.

10. Penrose

Penrose menyebutkan definisi wirausaha sebagai salah satu aktivitas yang meliputi banyak sekali macam kesempatan atau peluang yang teridentifikasi dalam suatu sistem perekonomian,

11. Raymond

Raymond menjelaskan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang kreatif dan juga inovatif yang mmeiliki kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut dalam suatu karya yang bisa membawa kesejahteraan di lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

12. Kasmir

Kasmir menyebutkan bahwa wirausaha merupakan orang-orang yang mempunyai keberanian dalam pengambilan risiko dari peluang perjuangan yang ada dengan impian untuk bisa meraihh sebuah pembelajaran yang baru.

13. Hervey Leibenstein

Hervey Leibenstein menyebutkan kewirausahaan sebagai salah satu aktivitas yang dipakai untuk melaksanakan serta membuat sebuah produk yang belum pernah dipasarkan dan belum teridentifikasi dengan jelas.

14. Peter F Drucker

Peter Drucker beropini bahwa wirausaha merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk bisa membuat sesuatu yang unik, inovatif dan juga mempunyai banyak nilai kegunaan.

15. Kathleen

Kathleen menyebutkan wirausaha sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menjalankan, mengatur dan juga berani mengambil risiko dari suatu pekerjaan yang dilakukan di dalam dunia usaha.

16. Achmad Sanusi

Sedangkan Achmad Sanusi menjelaskan wirausaha sebagai suatu nilai yang sanggup diwujudkan dalam sebbuah sikap yang menjadi dasar sebuah tujuan, siasat, tenaga penggerak, proses yang berjalan dan juga hasil bisnis.

17. Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro menyebutkan kewirausahaan sebagai suatu nilai penting yang sangat diharapkan untuk modal awal dalam melaksanakan suatu perjuangan dan juga pengembangan dari perjuangan tersebut.

18. Frank Knight

Berikutnya berdasarkan Frank Knight yang menyampaikan bahwa seorang wirausahaan harus mempunyai kemampuan untuk bisa merespon dan juga memprediksi segala perubahan pasar secara cepat dan juga tepat. Hal tersebut diharapkan alasannya ialah ketidakstabilan yang sering terjadi di pasa.

19. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz

Selanjutnya berdasarkan Mas’ud dan Mahmud, wirausaha ialah orang-orang yang mempunyai motivasi untuk melaksanakan sebuah perubahan, mengubaha suatu kesempatan menjadi inspirasi yang sanggup menghasilkan sesuatu, menunjukkan nilai plus kepada orang lain, biaya, waktu dan juga kecakapan dalam rangka meraih tujuan untuk mendapat keuntungan.

20. Dan Stein dan Jhon F. Burgess

Lalu berdasarkan Stein dan juga Burgess, wirausaha ialah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan juga berani dalam mengambil sebuah risiko dari segala hal yang telah diusahakannya.

21. Syamsudin Suryana

Suryana menyebutkan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai karaktakter percaya diri yang baik, bisa berorientasi pada pekerjaan dan hasil, pengambil sebuah risiko yang wajar, mempunyai kepemimpinan yang lugas, kreatif dan juga bisa menghasilkan bermacam-macam penemuan dan selalu berorientasi pada masa depan.

22. Prawirokusumo

Sedangkan berdasarkan pemaparan dari Prawirokusumo, wirausaha merupakan mereka yang bisa melaksanakan upaya-upaya kreatif dan juga inovatis untuk menjalankan pengembangan inspirasi dan memanfaatkan sumber daya yang ada dalam rangka menemukan peluang dan juga memperbaiki hidup.

23. Richard Cantillon

Richard Cantillon menyebutkan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk memindahkan atau mengkonversi sumber daya ekonomi yang ada dari segi produktivitas rendah menuju ke tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

24. Wikipedia

Wikipedia menjelaskan bahwa kewirausahaan merupakan proses pengidentifiskasian, pengemabngan dan pembawa visi dan misi dalam kehidupan.

25. Israel Kirzner (1979)

Israel menyebutkan wirausahaan ialah seseorang yang bisa mengenali seseuatu dan melakuan suatu perbuatan untuk memanfaatkan peluang pasar.

Seseorang yang melaksanakan aktivitas wirausaha dinamakan dengan wirausahawan. Sedangkan wirausahawan berbeda dengan seorang pekerja. Wirausahawan selalu mempunyai keinginan untuk bisa membuat hal-hal yang baru, sedangkan seorang bekerja hanya berpikir untuk memperoleh pekerjaan dan bagaimana cara untuk tetap bertahan di posisi tersebut.

Sejatinya baik itu wirausaha dan kewirausahaan merupakan istilah yang hampir sama. kewirausahaan ialah pola dari sikap seorang wirausahan. Sedangkan wirausaha merupakan seseorang yang berani umelakukan suatu aktivitas usaha. Seorang wirausaha harus mempunyai kemampuan dalam mencetuskan banyak penemuan gres dan juga bermanfaat bagi setiap orang.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kewirausahaan Secara Umum Berdasarkan Para Ahli"