Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Melestarikan Hutan Untuk Merawat Peradaban

Dalam goresan pena yang kemudian sudah disebutkan bahwa salah satu fungsi hutan yaitu sebagai paru-paru dunia. Lebih dari itu, hutan juga berfungsi sebagai penampung air tanah yang juga diharapkan makhluk hidup. Hutan juga menjadi tempat tumbuh dan berkembangnnya kekayaan hayati (binatang, tumbuh-tumbuhan, mikro organisme). Yang tidak kalah penting yaitu fungsinya sebagai tempat wisata atau taman nasional, sekaligus salah satu faktor pencegah terjadinya pemanasan global (global warming).

Dalam goresan pena yang kemudian sudah disebutkan bahwa salah satu fungsi hutan yaitu sebagai paru Kegiatan Melestarikan Hutan untuk Merawat Peradaban
Mengingat begitu pentingnya keberadaan dan fungsi hutan, maka dibuatlah komitmen internasional yang termuat dalam the United Nations International Year of Forests 2011 untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan sebagai tempat bernaung keguakaragaman hayati, serta meningkatkan bantuan pengetahuan dalam penentuan kebijakan terkena hutan, termasuk didalamnya menyangkut pinjaman hutan, pengelolaan, serta memanfaatkan hutan dalam jangka panjang (Metaforum Leuven. Conservation and Management of Forests for Sustainable Development: Where Science Meets Policy, Metaforum Paper 5, November 2011).

Berikutnya kita akan melihat beberapa fakta tentang hutan dalam laporan Global Forest Resources Assessment 2010 yang di keluarkan oleh the Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO).



Pertama, hutan meliputi 31% dari total area daratan dunia, atau setara dengan empat milliar hektar. Lima negara yang mempunyai cakupan hutan terbanyak yaitu Rusia, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, dan China.

Kemudian, di setiap tahun setidaknya terdapat kerusakan hutan hingga seluas 13 juta hektar, baik jawaban konversi lahan atau sebab faktor alam. Kerusakan hutan di Indonesia dan Brazil termasuk dalam kerusakan hutan terbesar yang pernah terjadi.

Berikutnya, pengelolaan hutan (forest management), baik untuk tujuan sosial maupun kebudayaan, semakin meningkat dari tahun ke tahun, akan tapi masih susah diukur secara kuantitatif.

Dalam kaitannya dengan ekonomi sektor perindustrian, pada periode 2003-2007 terjadi penebangan hutan untuk tujuan produksi kayu sebesar US$ 100 milliar.

Sementara dari sisi pendidikan, terjadi peningkatan lulusan sarjana kehutanan setiap tahunnya, yakni dikimasukan 60 ribu orang.

Terakhir, dalam upaya pengelolaan hutan, pengeluaran pemerintah secara agregat jauh lebih besar daripada pendapatan yang diperolehnya. Rata-rata pendapatan dari memanfaatkan hutan yaitu sebesar US$ 4.5 per hektar, sedangkan nilai pengeluaran tidak kurang dari US$ 7.5 untuk setiap hektarnya.

Disamping hal tersebut diatas, laporan ini juga memuat tujuan pemeliharaan hutan menurut referensi Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (the United Nations General Assembly, 2008), yakni:
  • menjaga kelestarian hutan melalui pengelolaan hutan yang berkesinambungan, termasuk upaya pemeliharaan, perbaikan, penghijauan kembali, serta pencegahan terhadap potensi degradasi.
  • meningkatkan nilai ekonomi hutan serta manfaat sosial dan lingkungannya, termasuk kepada masyarakat yang tinggal disekitar hutan.
  • meningkatkan area hutan lindung diseluruh dunia.
  • melindungi keberadaan hutan, biar memanfaatkannya sanggup berlangsung hingga jangka panjang.
Selanjutnya kita akan melihat bagaimana salah satu negara dengan kekayaan hutan terbesar di dunia melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hutan dan area sekitarnya, yakni Kanada.

Negara ini mempunyai hamparan hutan tak kurang dari 417 juta hektar. Hutan Kanada meliputi sekitar dua pertiga dari total 140 ribu keguakaragaman hayati, berupa tumbuh-tumbuhan, binatang, dan mikro organisme.

Adapun manfaat hutan tersebut jikalau dilihat dari nilai ekonomi yaitu sebesar US$74 milliar, dan menghasilkan surplus neraca perdagangan kurang lebih senilai US$ 32.6 triliun. Selain itu, hutan-hutan ini mempersembahkan nilai positif pada sektor industri pariwisata.

Dari sisi sosial, hutan-hutan di Kanada menjadi tempat tinggal bagi setidaknya 80% penduduk pribumi. Selain berfungsi sebagai wahana wisata alam dan cagar budaya, hutan-hutan tersebut juga mempersembahkan nilai spiritual bagi masyarakat yang hidup disekitarnya. Sedangkan pengelolaan hutan (forest management) dilaksanakan melalui beberapa hal, menyerupai tersebut dibawah ini.

Di sisi pemerintah tempat (local authority):
  • pemerintah tempat mempunyai tanggungjawaban eksklusif terhadap sumber alam, pengelolaan hutan, serta pencegahan kerusakan hutan.
  • pemerintah tempat memutuskan hukum dan kebijakan terkena hutan.
  • pemerintah tempat mempunyai wewenang memilih skala prioritas atas memanfaatkan hutan, contohnya menyangkut ijin penebangan hingga dengan level tertentu.
Sementara itu pemerintah sentra mempunyai wewenang untuk:
  • menentukan area-area konservasi hutan, dimana area ini dikhususkan untuk pemeliharaan kehidupan hayati.
  • melaksanakan fungsinya dalam hal komitmen internasional tentang lingkungan.
  • menetapkan wilayah hutan taman nasional dan taman margasatwa.
Untuk masyarakat pribumi yang tinggal disekitar hutan:
  • masyarakat pribumi mempunyai hak untuk berburu hewan hutan dan menangkap ikan.
  • mereka turut bertanggungjawaban menjaga kelestarian beserta ekosistem hutan.
Selain pihak-pihak yang disebutkan diatas, organisasi kemasyarakatan juga dilibatkan dalam menjaga kelestarian hutan, termasuk didalamnya yaitu organisasi yang bergerak dalam bidang penelitian (Canadian Environmental Grantmakers’ Network. Forest Conservation in Canada: A Summary of Issues and Opportunities, 2004).

Sebagai kesimpulan, dengan menyadari begitu pentingnya keberadaan hutan beserta fungsi-funginya, maka agresi faktual dari aneka macam elemen, termasuk pemerintah sentra dan daerah, masyarakat, maupun organisasi kemasyarakatan menjadi jaminan penting biar kelestarian hutan sanggup berlangsung hingga jangka panjang. **


ARTIKEL TERKAIT :
Upaya Memelihara Kelestarian Tanah (Land Conservation)
Memahami Fungsi dan Kondisi Hutan Mangrove Dunia
Menangani Kebakaran Hutan dan Menyelamatkan Ekosistem Kehidupan
Kerugian Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan

Posting Komentar untuk "Kegiatan Melestarikan Hutan Untuk Merawat Peradaban"