Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pertanyaan Untuk Administrasi Pemasaran



Nama : Wardah
Nim     : 1001150168

1.      Berikan uraian lengkap terkena STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) dan diberikan 1 contoh yang berurutan dari segmentasi, targeting dan positioning produk tersebut!
Jawaban :
Segmentation ada dua yaitu Segmentation pasar dan Segmentation Pasar Global
·        Segmentation Pasar yaitu Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang mempunyai sikap yang sama atau mempunyai kebutuhan yang serupa.

·        Segmentation Pasar Global yaitu Suatu proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan tertentu yang mempunyai sikap yang sama atau mempunyai kebutuhan yang serupa
Dasar Segmentation dan contohnya:
a.       Geografis : Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, iklim, artinya Pembagian pasar dunia ke dalam kawasan geografis.
Keuntungan: pasar dalam segmen ini lebih akrab satu dengan yg lain dan lebih praktis untuk dikunjungi dalam perjalanan yg sama serta perbedaan waktu yg kecil atau mungkin tidak ada
Kelemahan: Walaupun berada di wilayah yg sama tidak menjamin negara-negara tersebut mempunyai kesamaan.
misalnya Jepang dan Vietnam
b.      Psychografis : Gaya hidup & Kepribadian, artinya Melibatkan pengelompokkan orang-orang dalam hal perilaku, nilai, dan gaya hidup
misalnya Porsche Cars North Amerika diperuntukkan bagi lelaki usia 40 tahun ke atas, sarjana, dan mempunyai pendapatan $200,000 per tahun
c.       Demografis : usia, kelabuin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan, artinya Karakteristik populasi yang sanggup diukur menyerupai usia, gender, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan
misalnya Coca-Cola, Benetton, Swatch, Sony, MTV yaitu perusahaan yang sasaran utamanya yaitu para remaja.
Targeting yaitu Suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yg sudah teridentifikasi untuk kemudian dipilih satu atau beberapa yang mempunyai potensi tertinggi
Dasar Targeting dan contohnya:
a.       Ukuran Segmen dan Potensi Pertumbuhan
Rasio pemakai komputer di AS yaitu 1:4 sementara di China adl 1:6000
b.      Persaingan
Kodak vs Fuji
c.       Sesuai dan Layak
Pepsi vs Coca-Cola

 Positioning adalah Penanaman suatu produk di benak konsumen.
Pendekatan dalam posisioning global:
a.      High Tech Positioning
-         Produk yang dibeli berdasarkan fitur konkrit suatu produk. Para pembeli biasanya membutuhkan informasi teknis
-         Komputer, video, stereo, kendaraan beroda empat
-         Dibagi menjadi tiga kategori yaitu:
·        Technical products: pembeli mempunyai kebutuhan khusus, membutuhkan informasi produk, mempunyai bahasa yg umum à PC
·        Special interest products: less technical more leisure or recreation, membuatkan pengalaman dgn keterlibatan yg tinggi diantara para pengguna, memilki bahasa dan simbol yg diketahui scr umum à Adidas
·        Products that demonstrate well: “speak for themselves” à Polaroid
b.      High Touch Positioning
-         Lebih menitikberatkan kpd citra, sangat terlibat dgn konsumen, mempunyai bahasa yg umum dan seperangkat simbol yg berafiliasi dengan kemakmuran, materi, dan romance.
-         Dibagi ke dalam tiga kategori yaitu:
·        Products that solve a common problem: menonjolkan manfaat suatu produk à iklan minuman yg menyegarkan pada ketika cuaca sangat gerah .
·        Global village products: produk yg mempunyai kesan “cosmopolitan in nature” dan mempunyai “global appealà Levi’s, Marlboro, Harley - Davidson (AS), Sony (Jepang, Mercedes (Jerman).
·        Products that use universal themes: materialism (kemakmuran dan sosial status), heroism (self sacrifice), play (santai, rekreasi), procreation (citra keramahan dan percintaan) 



2.      Menurut Anda, bagaimana kiprah training atau petes bagi seorang armada penjualan?
Jawaban:
Training atau petes yaitu kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja kita dalam melaksanakan pekerjaan, baik pekerjaan secara fisik maupun pekerjaan yang berafiliasi dengan orang lain, terutama dalam perkembangan dari masing-masing individu. melaluiataubersamaini training pengembangan diri (self development), diharapkan kita sanggup bertambah wawasan, berubah sikap, dan berkembang kepribadian. melaluiataubersamaini adanya pelatihan atau petes bagi armada penjualan sanggup memilih bagaimana organisasi akan memakai fungsi penjualan pribadi untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan dan  mengembangkan hubungan yang  manajemen butuhkan untuk mencapai tujuan pemamasukan dan promosi.

3.      a. Menurut Anda, apa pentingnya mempersembahkan kepuasan kepada pelanggan? Jelaskan!
b. Jelaskanlah bagaimana efek ketidakpuasan pelanggan bagi perusahaan!
Jawaban :
a.       Kepuasan pelanggan berdasarkan saya yaitu ialah hal yang sangat penting atau diprioritaskan biar bisnis tersebut sanggup bertahan dan sanggup menang dalam persaingan. Meskipun memang tidak praktis untuk mewujudkan kepuasan pelanggan secara menyeluruh. Sekarang pelanggan yang dihadapi ketika ini tidak sama dengan pelanggan pada beberapa tahun sebelumnya. Kini pelanggan sudah mempunyai banyak pengetahuan seiring dengan perkembangan yang sudah terjadi baik itu dalam sektor bisnis, teknologi dan lain sebagainya. Mengingat pelanggan semakin terdidik dan menyadari hak-haknya. Selain itu setiap pelanggan juga mempunyai impian dan kebutuhan yang tidak sama. Perusahaan harus berusaha meminimalkan ketidakpuasan pelanggan dengan mempersembahkan pelayanan yang semakin hari semakin baik. Dan pada ketika bersamaan, perusahaan perlu pula memperhatikan konsumen yang merasa tidak puas. Melihat pentingnya peranan pelanggan dalam perkembangan suatu perusahaan, perusahaan harus mengetahui seberapa puaskah pelanggan terhadap pelayanan yang mereka diberikan baik itu melalui pelayanan jasa atau barang yang di produksi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan sanggup mengukur dan memantau kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang mereka diberikan dengan memakai beberapa taktik atau metode. Namun yang perlu untuk diperhatikan bahwa kegiatan penting yang dilakukan untuk mencapai kepuasan pelanggan yaitu dengan terlebih lampau memahami sikap pelanggan yang tidak puas serta menerapkan beberapa srategi untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan dan dengan hasil penilaian yang ada sanggup menjadi pola bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan sehingga sanggup mempersembahkan pelayanan yang lebih untuk memuaskan impian dari pelanggan dan membuat perusahaannya sanggup lebih berkembang dalam dunia bisnis.

b.      Kepuasan pelanggan ialah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan alasannya kepuasan pelanggan mempunyai konstribusi yang besar terhadap aspek-aspek penting dalam perusahaan. Pelanggan mempunyai pilihan, jikalau mereka tidak puas atau tidak menyukai apa yang ditawarkan perusahaan, mereka sanggup pergi atau beralih ke produk lain. Perusahaan harus mencurigai tingkat kepuasan yang cukup, alasannya dengan semakin menurunnya kepuasan pelanggan, maka impian pelanggan untuk berpindah merek akan semakin tinggi.

4.      Anda yaitu tangan kanan Middle Manager pada Departemen Pemamasukan sebuah perusahaan. Di hari pertama Anda bekerja, Anda diminta memperoleh informasi perihal penilaian kepuasan konsumen terhadap produk X yang gres diluncurkan tiga (3) bulan yang kemudian oleh perusahaan. Sebut dan jelaskanlah wacana cara Anda untuk menuntaskan kiprah tersebut!
Jawaban :
Sebagai tangan kanan Middle Manager pada Departemen Pemamasukan cara saya untuk menilai kepuasan konsumen terhadap produk X yang gres diluncurkan 3 bulan yang lalu  ada 4 metode, yaitu:
a.       Sistem keluhan dan masukan terhadap produk X, jadi di sini konsumen sanggup peluang seluas-luasnya untuk memberikan masukan, pendapat dan keluhan mereka. Media yang sanggup dipakai mencakup kotak masukan yang diletakkan di tempat-tempat strategis, menyediakan kartu komentar, menyediakan saluran telepon khusus, dll. Informasi yang diperoleh melalui metode ini sanggup mempersembahkan ide-ide gres dan masukan yang berharga kepada produk X tersebut, ,sehingga memungkinkannya untuk mempersembahkan respon secara cepat dan tanggap terhadap duduk masalah yang timbul.
b.      Survai kepuasan konsumen melalui produk X yang akan memperoleh jawaban dan umpan balik secara eksklusif dari pelanggan dan sekaligus juga mempersembahkan tanda (signal) nyata bahwa produk X mempunyai nilai plus terhadap para konsumennya. melaluiataubersamaini cara penilaian sebagai diberikut: sangat tidak puas, tidak puas, netral, puas, sangat puas.



PERTANYAAN STUDI KASUS:
Berdasarkan artikel di atas, diberikanlah pemaparan Anda terkena Strategi Bank Danamon dalam mempersembahkan kepuasan kepada para nasabahnya!
Jawaban:
Kepuasan pelanggan sangat penting dalam memasarkan produk, di sini Bank Danamon mempunyai taktik yang jitu dalam membuat nasabahnya biar merasa puas terhadap produk yang didiberikan yaitu dengan memdiberi peluang para nasabah yang beruntung mengikuti jadwal Red Match persembahan Kartu Danamon Manchester United untuk menjadi saksi sejarah Manchester United meraih trophy kemenangan LigaInggris ke-20 dalam pertandingan spektakuler melawan Aston Villa di Stadion Old Trafford secara langsung. Dan saluran khusus terhadap klub sepak bola terkemuka di dunia ini spesialuntuk sanggup diperoleh dengan mengikuti jadwal Red Match persembahan Kartu Danamon Manchester United alasannya spesialuntuk Danamon satu-satunya pemegang lisensi penerbitan kartu Manchester United di Indonesia. Selain menyaksikan klub keakungan, para pemenang Red Match juga mengikuti rangkaian kegiatan khusus yang memang tidak dibuka untuk publik. Ini yaitu hal yang sangat luar biasa dan tidak sanggup terlupakan di mana pihak Manchester United sudah mempersembahkan peluang secara khusus kepada nasabah terpilih untuk beramah-tamah dengan salah satu sosok pemain yang paling legendaries Machester United, Bobby Charlton. Sosok legenda yang sudah diawetkan dengan patung di Old Trafford dan juga pemain kunci kesebelasan Inggris pada ketika menjuarai Piala Dunia 1966,” tambah Executive Vice President Retail Banking Product Management Head Danamon Sonny Wahyubrata. INI taktik yang dilakukan PT Bank Danamon Indonesia Tbk untuk memuaskan pelanggannya dalam memakai produk yang mereka tawarkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pertanyaan Untuk Administrasi Pemasaran"