Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Biaya Volume Laba


ANALISIS BIAYA-VOLUME-LABA : ALAT PERENCANAAN MANAJERIAL

A.    Titik Impas Dalam Unit Dan Dolar
Analisis biaya volume keuntungan (cost volume profit analysis-CVP analysis):
v  Suatu alat yang sangat mempunyai kegunaan untuk perencanaan dan pengambilan keputusan. Karena analisis biaya volume keuntungan (CVP) Menekankan keterkaitan antara biaya, kuantitas yang terjual, dan harga, tiruana informasi keuangan perusahaan terkandung di dalamnya.
v  Analisis CVP juga sanggup mengatasi banyak gosip lainnya, menyerupai jumlah unit yang harus dijual untuk mencapai impas, imbas pengurangan biaya tetap terhadap titik impas, dan imbas kenaikan harga terhadap laba.
1.      Titik Impas dalam Unit
Ø  Titik impas yaitu titik dimana total pendapatan sama dengan total biaya, titik di mana keuntungan sama dengan nol.
Ø  Penggunaan keuntungan operasi dalam cvp
Laporan keuntungan rugi sanggup ditetapkan sebagai persamaan diberikut:
Laba Operasi=Pendapatan penjualan-Beban variabel-beban tetap
atau
Laba operasi= (Harga x Jumlah unit terjual) – (Biaya variabel per unit x jumlah unit terjual) – total biaya tetap
Ø  Jalan pintas menghitung unit Impas
Margin bantuan yaitu pendapatan penjualan dikurangi total biaya variabel. Pada titik impas margin bantuan sama dengan beban tetap.
Jumlah unit= Biaya tetap/Margin bantuan per unit

  • Penjualan dalam Unit yang Diperlukan untuk mencapai Target Laba
            Target keuntungan di sini yaitu keuntungan operasi di atas nol(titik impasnya), yang sanggup ditetapkan dengan jumlah dolar atau sebagai persentase dari pendapatan penjualan.
  • Target setelah pajak
Pada ketika menghitung titik impas, pajak penghasilan tidak berperan, alasannya yaitu pajak yang dibayarkan untuk keuntungan nol yaitu nol. Apabila perusahaan ingin menghasilkan keuntungan membersihkan tertentu, sasaran keuntungan ditetapkan sebagai keuntungan membersihkan, maka harus dimenambahkan kembali pajak penghasilan untuk memperoleh keuntungan operasi.
Laba membersihkan      = Laba operasi – Pajak penghasilan
                        = Laba operasi – (Tarif pajak x Laba operasi)
 = Laba operasi (1– Tarif pajak)
            atau
Laba operasi = (Laba membersihkan) : (1- Tarif pajak)

2.      Titik Impas dalam Dolar Penjualan
Pendapatan impas dihitung dengan membagi total biaya tetap dengan rasio margin kontribusi. Laba yang ditargetkan dimenambahkan ke biaya tetap untuk memilih jumlah pendapatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan sasaran laba.

B.     Analisis Multiproduk
Dalam analisis multiproduk, perlu dilakukan pemisahan antara beban tetap eksklusif dan beban tetap umum. Beban tetap eksklusif yaitu biaya tetap yang sanggup ditelusuri ke setiap produk dan akan hilang jikalau produk tersebut tidak ada.
Beban tetap umum yaitu biaya tetap yang tidak sanggup ditelusuri ke produk dan akan tetap muncul meskipun salah satu produk dieliminasi. Margin produk impas masing masing produk spesialuntuk akan menutup biaya tetap langsung. Sementara itu, biaya tetap umum masih belum tertutupi. Maka dari itu, untuk mengatasi problem tersebut sanggup dilakukan dengan melaksanakan bauran penjualan atau sales mix. Bauran penjualan yaitu kombinasi relatif dari aneka macam produk yang dijual perusahaan.
Penentuan bauran penjualan memungkinkan untuk mengkonversi problem multiproduk ke dalam format CVP produk tunggal. Untuk memakai pendekatan titik impas dalam unit, harga jual per paket dan biaya variabel per paket harus diketahui. Untuk menghitung nilai-nilai paket tersebut dibutuhkan bauran penjualan, harga setiap produk dan setiap biaya variabel..
Paket impas = Biaya tetap : margin bantuan per paket



C.    Perubahan Dalam Variabel CPV
Perubahan yang menjadi perhatian dalam CVP Analysis yaitu variasi perubahan yang cepat dalam biaya variabel, biaya tetap, dan perubahan  harga. Sehingga manajer dituntut untuk lebih concern terhadap  perencanaan produksi, keuntungan diinginkan dan pengendalian. Bisa dipakai  beberapa skenario untuk alternatif yang tidak sama-beda.
  1. Risiko & Ketidakpastian
  2. Margin Pengaman (Margin Of Safety)
  3. Pengungkit Operasi (Leverage Operasi)

D.    Analisis CVP Dan Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas
Metode CVP sanggup dipakai dengan kalkulasi biaya berdasarkan acara (ABC) tetapi analisisnya harus dimodifikasi. Akibatnya, berdasarkan ABC suatu jenis analisis sensitivitas digunakan. Biaya tetap dipisahkan dari variasi biaya yang berubah-ubah dengan penggagas biaya tertentu. Biaya variable tersebut dikelompokkan sebagai tingkat uniit, tingkat batch, dan tingkat produk. Perencanaan keuntungan dengan memakai analisis biaya volume keuntungan
 misal perbandingan Conventional and ABC Analysis
      Jika unit yang sanggup terjualmungkin spesialuntuk 10.000 Rancangan gres tersebut mengurangi biaya tenaga kerja eksklusif sebesar $2 per unit
Units   = B tetap ÷ (harga – Biaya variable/ unit)
           = $100,000 ÷ ($20 – $8)
            = 8,333

Posting Komentar untuk "Analisis Biaya Volume Laba"