Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Tips dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar. Belajar merupakan salah satu step penting di kehidupan manusia, dengan belajar, orang akan menjadi tahu akan sesuatu hal yang baru, dan dengan mencar ilmu pula orang akan menjadi orang yang lebih akil akan suatu hal atau banyak hal. Namun ada kalanya orang mengalami yang namanya kesulitan Belajar. Apa yang menyebabkannya? Disini kita coba untuk mengupasnya dan mamberikan sedikit solusi atau cara mengatasi kesulitan mencar ilmu tersebut.

Apa pengertian Belajar?

Sebelum kita membahas wacana kesulitan belajar, mungkin ada baiknya kita mengetahui dahulu definisi mencar ilmu dari banyak sekali sumber, silakan di baca pengertian mencar ilmu dari banyak sekali hebat berikut ini:

1. Skinner dalam Barlow (1985) dalam bukunya Educational Psychology : The Teaching Learning Process, mencar ilmu ialah suatu proses pembiasaan yang berlangsung secara progressif.2. Chaplin (1972) dalam Dictionary Psychology membatasi mencar ilmu dengan 2 macam :a. Belajar ialah perolehan perubahan tingkah laris yang relative menetap sebagai akhir dari latihan dan pengalaman.b. Belajar ialah proses memperoleh respons-respons sebagai akhir adanya latihan khusus.3. Hintzman (1987) dalam bukunya The Psychology of Learning and Memory beropini bahwa mencar ilmu ialah suatu perubahan yang terjadi pada diri organisme, insan atau binatang disebabkan oleh pengalaman yang sanggup mensugesti tingkah laris organisme tersebut.4. Wittig (1981) dalam bukunya Psychology of Learning mencar ilmu ialah perubahan yang relative menetap yang terjadi dalam segala macam / keseluruhan tingkah laris suatu organisme sebagai suatu hasil.5. Reber (1989) dalam Dictionary of Psychology. Menurutnya ada 2 definisi wacana belajar, yaitu :a. Belajar ialah proses memperoleh pengetahuanb. Belajar ialah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relative langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.Dengan demikian sanggup dipahami bahwa proses mencar ilmu mencakup :a. Perubahan yang secara umum menetap (relatively permanent)b. Kemampuan bereaksi (response potentiality)c. Dapat diperkuat
(Reinforced)d. Melalui praktek dan latihan (Practice)

Apa Pengertian Kesulitan Belajar?

Definisi kesulitan belajar, ialah dimana seseorang sulit memahami, mengerti, dan mengingat suatu hal gres yang sedang ia pelajari dalam proses mencar ilmu walaupun sudah diulang beberapa kali.

Faktor-faktor yang menimbulkan Kesulitan Belajar?

Kesulitan dalam mencar ilmu sanggup disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal.

Faktor Internal antara lain:

  • Kondisi tubuh sedang tidak sehat atau tidak fit 
  • Kondisi PSikis sedang tidak Fit 
  • Sedang Stress 
  • Lagi Banyak pikiran 
  • IQ yang agak renah 
  • Kurang Berminat dengan pelajarannya 
  • Kurang berbakat di bidang tersebut 

Faktor Eksternal antara lain:

  • Lingkungan yang berisik 
  • Tuntutan yang sangat Tinggi dari Keluarga (orang tua) 
  • Ada di keluarga yang kurang kasih sayang, contohnya broken Home, dll 
  • Lingkungan sekolah yang sering tawuran 
  • Guru yang kurang perhatian akan perkembangan muridnya 
  • Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Setelah mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan kesulitan mencar ilmu diatas, kita masuk ke tips dan caranya untuk mengatasi kesulitan mencar ilmu anda, berikut ini Tips2nya:

  1. Pastikan kondisi tubuh sedang fit, tidak seang kelaparan, dan tidak sedang sakit sebelum mulai belajar 
  2. Cari daerah yang damai jikalau lingkungan anda berisik dan bising, atau bisa diganti dengan sambil mendengarkan musik kesayangan anda memakai earphone. 
  3. Fokus dalam mencar ilmu paling tidak selama 30 menit pertama, sesudah itu bisa istirahat sebentar untuk minum atau menghirup udara segar sebelum melanjutkan lagi. Jangan terlalu diforsir otak anda untuk terus-terusan belajar, istirahatlah sejenak jikalau suah merasa penat dan pusing. 
  4. Bicarakan dengan orang renta atau keluarga supaya jangan terlalu menuntut anda, supaya anda bisa mencar ilmu dengan damai dan bisa lebih berprestasi. 
  5. Kalau lingkungan sekolah tiak mendukung lantaran sering tawuran dan gurunya kurang mendukung, bisa anda bicarakan pada orang renta anda, mungkin bisa diperoleh solusi yang baik. 

Sementara itu dulu tips dan cara mengatasi kesulitan mencar ilmu yang sanggup saya sampaikan, jikalau ada yang kurang tolong dishare disini yah.nanti akan saya update halaman ini kalau ada cara jitu lainnya. Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungannya.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Mengatasi Kesulitan Belajar"