Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Media Pembelajaran

Fungsi Media Pembelajaran - Dalam dunia pendidikan ada beberapa unsur yang mempunyai ikatan yang tidak sanggup dihilangkan yaitu metode pembelajaran  dan media pembelajaran. Media pembelajaran  sendiri yakni suatu alat pembelajaran yang berfungsi untuk memberikan pesan pembelajaran.  Metode pembelajaran tidak akan berjalan dengan maksimal tanpa adanya media pembelajaran.  Untuk pemilihan media pembelajaran usahakan untuk melihat apakah menunjang metode dan membantu mencapai tujuan pembelajaran.  Maka bisa dikatakan media pembelajaran mempunyai fungsi vital, dan berdasarkan Levis & Lents fungsi media pembelajaran yakni :

1. Fungsi Atensi
Media pembelajaran tersebut menarik dan bisa mengarahkan perhatian siswa bisa berkonsentrasi pada pelajaran yang berkaitan dengan media tersebut. Media yang banyak dipakai untuk menarik atensi murid dengan memakai media gambar yang dapat
ditampilkan dengan mesin proyektor dan sebagainya.

2. Fungsi Afektif
Menggugah semangat berguru siswa sanggup memakai media khususnya gambar. Dari media ini emosi siswa akan muncul dan daya serap akan semakin baik. Perpaduan antara teks dan gambar sanggup menumbuhkan ketertarikan untuk mempelajari.

3. Fungsi Kognitif
Media sanggup memudahkan siswa untuk merekam kembali kedalam otak mereka apa yang telah mereka sanggup melalui beberapa gambar atau visual. Dan dalam memahami teks bahan siswa akan lebih mudah, memang ada beberapa bahan yang sangat gampang dimengerti dengan memakai gambar dari pada memakai teks yang banyak. Untuk itu media pembelajaran memudahkan untuk siswa memahami dan mengingat informasi yang diterima.

4. Fungsi kompensatoris
fungsi ini dari beberapa penelitian merupakan media visual yang sangat manis untuk membantu siswa yang mempunyai kelemahan dalam memahami teks yang ada.  Dengan memakai visual akan menunjukkan akomodasi untuk mengorganisir informasi yang telah didapat yang akan diteruskan kedalam otak yang nanti akan diterjemahkan menjadi informasi penting.

Media pembelajaran menjadi alternative alat bantu bagi tenaga pengajar untuk mengantisipasi tidak berjalannya proses transformasi ilmu menyerupai yang telah direncanakan. Penggunaan media pembelajaran memang akan menjadi alat bantu yang baik, optimalisasi ini akan menunjukkan efek yang faktual bagi peningkatan prestasi siswa.

Posting Komentar untuk "Fungsi Media Pembelajaran"