Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggung Jawab Guru

Tanggung Jawab Guru - Guru dikatakan tepat apabila memiliki tanggung jawab yang dijalankan dengan baik. Guru ialah seorang pendidik yang juga merupakan pembimbing. Dalam bidang kemanusiaan di sekolah, guru harus bisa menjadi dirinya sebagai orangtua kedua bagi siswa. Seorang guru harus bisa menarik simpati semoga menjadi idola para siswa dan disukai sehingga siswa bahagia mencar ilmu dengan guru.

Para andal menyebutkan bahwa tanggung jawab guru harus bisa menuntut murid untuk belajar, yang terpenting ialah menciptakan rencana dan menuntut murid untuk melaksanakan acara mencar ilmu guru semoga mencapai pertumbuhan serta perkembangan ibarat yang diharapkan. Guru memiliki tanggung jawab untuk turut serta dalam membina kurikulum sekolah. Guru sesungguhnya ialah seorang kunci yang paling tahu mengenai keperluan kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Guru bertanggung jawab untuk melaksanakan training kepada diri siswa baik kepribadian, tabiat serta jasmaniah. Menyalurkan ilmu pada murid bersama-sama bukan pekerjaan yang sulit. Namun membina murid supaya menjadi insan berkarakter niscaya bukan pekerjaan yang gampang. Seorang guru bertanggung jawab untuk memperlihatkan bimbingan kepada siswa. Bimbingan tersebut supaya siswa bisa mengenal dirinya sendiri, menuntaskan masalahnya sendiri, serta memiliki emosional yang baik.

Guru bertanggung jawab untuk melaksanakan diagnosis dari kesulitan mencar ilmu serta melaksanakan penilaian mencar ilmu siswa, melaksanakan penelitian. Guru sebagai orang yang bergerak dibidang pendidikan harus selalu memperbaiki caranya bekerja. Guru bertanggung jawab untuk mengenal masyarakat. Seorang guru mustahil menjalankan kiprah dengan efektif, apabila guru tidak mengenal masyarakat. Guru bertanggung jawab untuk ikut menyukseskan pembangunan yang merupakan cara paling tepat untuk membawa masyarakat menjadi kesejahteraan. Pembangunan tersebut ialah pembangunan bidang spiritual dan materiil.

Guru memiliki tanggung jawab moral dimana setiap guru haru memiliki kemampuan untuk menghayati sikap serta tabiat yang sesuai dengan Pancasila sekaligus mengamalkannya. Tanggung jawab guru dalam bidang pendidikan di sekolah ialah harus menguasai cara pengajaran yang efektif dimana guru harus bisa menjadi model bagi murid, bisa memberi nasihat, menguasai teknik bimbingan serta layanan dan bisa menciptakan serta melaksanakan penilaian yang lain.

Posting Komentar untuk "Tanggung Jawab Guru"