Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Volume Tabung

Volume = Luas Alas x Tinggi

Untuk sanggup mencari volume tabung, langkah pertama yang harus kita lakukan yakni mencari luas bundar tabung terlebih dahulu.

Luas Alas = Luas Lingkaran

Luas Alas = phi x r2

Dimana:

phi = 22/7 atau 3,14

r = jari - jari

Maka Rumus Volume Tabung:

Volume = phi x r2 x tinggi

Mungkin diantara kalian ada yang masih galau mengenai bentuk tabung. Bentuk tabung sanggup kita temukan dari benda-benda disekitar kita. Misalnya, gelas. Bentuk gelas yang panjang dan melingkar dikedua ujungnya sama persis dengan ciri-ciri tabung. Selain gelas, drum juga mempunyai bentuk tabung.

Sebenarnya apa seh tabung itu? tabung yakni berdiri ruang yang mempunyai tiga sisi. Sisi tersebut mencakup sisi bantalan dan tutup yang sama besar berbentuk bundar dan sebuah sisi lengkung. Sisi lengkung ini bila kita rentangkan akan
membentuk berdiri persegi panjang.

Setelah memahami pengertian tabung beserta ciri-cirinya, volume tabung yakni hal berikutnya yang akan kita bahas.

Berikut yakni ulasanya:

Rumus volume tabung.

V tabung = π x r2 x t atau v = Luas bantalan (lingkaran) x t

Keterangan.

r = jari-jari bundar bantalan atau tutup π = / 3,14

t = tinggi tabung

Contoh soal.

Seorang penjual minyak mempunyai sebuah drum berbentuk tabung yang ia gunakan untuk menyimpan minyak dagangannya. Jari-jari bantalan yang dimiliki drum itu yakni 70cm dan mempunyai tinggi 100m. Berapa liter minyak yang sanggup ditampung dalam drum tersebut?

Jawab : V = π x r2 x t

V = x 702 x 100

V = 1.540.000 cm3 = 1. 540 dm3 = 1.540 liter

Jadi sanggup disimpulkan bahwa jumlah minyak yang bisa ditampung dalam drum tersebut sebanyak 1.540 liter.

Contoh soal.

1. Pak Ahmad mempunyai sebuah drum penyimpanan air yang berbentuk tabung. Panjang jari-jari bantalan dari drum ini yakni 50 cm dan tinggi 150 cm. bila π =3,14 maka hitunglah berapa liter air yang sanggup ditampung oleh pak Ahmad pada drum penyimpanan air yang dimilikinya tersebut?

Demikianlah klarifikasi volume tabung yang sanggup saya sampaikan, supaya menawarkan manfaat bagi anda dalam memahami pengukuran volume tabung ini.





Posting Komentar untuk "Rumus Volume Tabung"