Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Definisi Guru

Pengertian Dan Definisi Guru - Guru yaitu jabatan atau profesi yang membutuhkan keahlian khusus. Pekerjaan sebagai guru ini tidak bisa dilakukan oleh seseorang tanpa memiliki keahlian sebagai guru. Menjadi seorang guru diharapkan syarat-syarat khusus. Apa lagi kalau menjadi seorang guru yang profesional maka harus menguasai seluk beluk pendidikan serta mengajar dengan banyak sekali ilmu pengetahuan lainnya yang harus dikembangkan melalui masa pendidikan tertentu.

Pengertian dan definisi guru yaitu unsur penting di dalam keseluruhan sistem pendidikan. Karena itu peranan dan kedudukan guru demi meningkatkan mutu dan kualitas anak didik harus diperhitungkan dengan sungguh-sungguh. Pengertian dan definisi guru bukan hanya sebatas pegawai yang hanya melaksanakan kiprah tanpa ada rasa tanggung jawab terhadap disiplin ilmu yang dipikulnya.

Di dalam pendidikan, guru memiliki tiga kiprah pokok yang bisa dilaksanakan yaitu kiprah profesional, kiprah kemasyarakatan dan kiprah manusiawi. Tugas profesional yaitu kiprah yang berafiliasi dengan profesinya. Tugas profesional ini mencakup kiprah untuk mendidik, untuk mengajar dan kiprah untuk melatih. Mendidik memiliki arti untuk meneruskan dan menyebarkan nilai-nilai hidup. Mengajar memiliki arti untuk meneruskan dan menyebarkan ilmu pengetahuan serta teknologi, dan kiprah melatih memiliki arti untuk menyebarkan keterampilan.

Tugas manusiawi merupakan kiprah sebagai seorang manusia. Guru harus bisa menyebabkan dirinya sebagai orang renta kedua bagi murid. Guru harus bisa menarik simpatik sehingga beliau menjadi idola bagi siswa. Selain itu transformasi diri terhadap kenyataan di kelas atau di masyarakat harus dibiasakan supaya setiap lapisan masyarakat bisa mengerti kalau menghadapi guru.

Tugas kemasyarakatan yaitu kiprah sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang berfungsi sebagai pencipta masa depan dan pelopor kemampuan. Keberadaan guru bahkan menjadi faktor penentu yang mustahil bisa digantikan oleh komponen manapun dalam kehidupan bangsa semenjak dahulu apalagi pada masa kini.

Pengertian dan definisi guru yaitu sebagai pengelola aktivitas proses berguru mengajar dimana dalam hal ini guru bertugas untuk mengarahkan aktivitas berguru siswa supaya bisa mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini guru berperan dan bertugas sebagai pengelola proses berguru mengajar. Guru berperan menjadi pengganti orang renta di sekolah. Dalam hal ini guru harus bisa menggantikan orang renta siswa kalau siswa sedang berada di sekolah.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Definisi Guru"