Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Langsung

Model pembelajaran eksklusif atau yang dikenal dengan direct instruction ini ialah sebuah model pembelajaran yang menitik beratkan pada penguasaan konsep dan juga perubahan sikap dengan melaksanakan pendekatan secara deduktif. Di sini kiprah dari guru memang sangat penting sebagai penyampai informasi, sehingga sudah seyogyanya seorang guru memanfaatkan aneka macam akomodasi yang ada ibarat tape recorder, film, peragaan, gambar dan sebagainya. Adapun isu yang disampaikan sanggup berupa pengetahuan yang sifatnya prosedural maupun pengetahuan deklaratif. Meskipun demikian kekurangannya yaitu model pembelajaran ibarat ini tidak sanggup dipakai setiap waktu serta tidak sanggup diterapkan di semua tujuan pembelajaran.

Dalam sintaks model pembelajaran langsung, terapat tujuh langkah yang mana di setiap langkah tersebut terdapat tahapan-tahapan dalam penyampaian materi. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini :

• Menyampaikan orientasi pelajaran dan tujuan pembelajaran kepada siswa.

Jadi pada tahap ini para pengajar memberikan beberapa hal yang harus dipelajari dan juga kinerja akseptor didik yang diharapkan.

• Melakukan review pengetahuan serta keterampilan pra-syarat.

Di sini guru akan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan yang sudah dikuasai siswa.

• Menyampaikan materi pelajaran.

Dalam tahap ini pengajar akan memberikan materi dan informasi serta memperlihatkan aneka macam teladan dan sebagainya.

• Melaksanakan bimbingan.

Jadi bimbingan ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan yang bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman akseptor didik dan mencoba untuk mengoreksi kesalahan konsep yang ada.

• Memberi kesempatan untuk siswa semoga terus berlatih.

Di sini guru memberi kesempatan untuk siswa semoga terus melatih keterampilannya maupun memakai isu yang gres secara kelompok atau individu.

• Menilai kinerja masing-masing siswa dan memberinya umpan balik.

Dalam tahap ini seorang guru akan memperlihatkan review terhadap segala hal yang sudah dilakukan siswa, lalu guru akan memberi umpan balik atas respon siswa dengan benar.

• Memberikan latihan mandiri.

Jadi guru juga sanggup memperlihatkan kiprah secara sanggup bangun diatas kaki sendiri untuk para siswa guna meningkatkan pemahaman atas materi yang telah disampaikan.

Di samping itu, model pembelajaran eksklusif ini intinya sanggup dan sangat cocok diterapkan apabila mendapati situasi yang memungkinkan di antaranya ibarat berikut ini :

  • Saat guru ingin mencoba mengenalkan bidang pembelajaran baru.
  • Saat guru ingin mencoba mengajari keterampilan kepada siswa ataupun mengajari mekanisme yang memiliki struktur jelas.
  • Saat para siswa mendapati kesulitan yang sanggup diatasi dengan sebuah klarifikasi terstruktur.
  • Saat guru ingin memberikan teknik tertentu sebelum para akseptor didik melaksanakan acara praktek.
  • Saat guru menginginkan para siswa tertarik akan suatu topik.

Kaprikornus model pembelajaran eksklusif memang patut diterapkan apabila sudah mendapati beberapa kondisi ibarat yang dijelaskan tersebut, sehingga proses berguru dan penyampaian materi kepada para siswa juga sanggup semakin efektif.

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Langsung"