Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemandirian Belajar

Kemandirian Belajar - Sikap berdikari seseorang tidak terbentuk dengan cara yang mendadak, namun melalui proses semenjak masa anak-anak. Dalam sikap berdikari antara tiap individu tidak sama, kondisi ini dipengaruhi oleh banyak hal. Hal yang mempengaruhi atau faktor penyebab sikap berdikari seseorang itu dibagi menjadi dua, yaitu faktor dari dalam individu dan faktor dari luar individu.

Berbagai faktor mempengaruhi kemandirian seseorang, antara lain yaitu faktor Eksogen. Faktor ini berasal dari luar ibarat keluarga, sekolah, dan masyarakat. Faktor kemandirian yang lain yaitu faktor endogen. Faktor ini berasal dari dalam diri murid, yaitu fisiologis dan psikologis.

Di dalam uni pendidikan, cara mencar ilmu secara aktif harus ditempuh untuk mendidik murid biar berpikir mandiri. Kualitas kemandirian yaitu ciri yang sangat diperlukan insan dimasa depan. Pengajar berusaha menyebarkan mencar ilmu dengan caranya sendiri dan mereka berusaha menemukannya sendiri. Sikap seorang pengajar dalam pembelajaran yang membuka peluang untuk pelajar memperoleh gerak atau ruang kerja seluas-luasnya dalam waktu kerja dan caranya, ditandai dengan tidak menonjolkan peranan mengajar dalam kelas.

Makara Kemandirian mencar ilmu yaitu suatu perjuangan yang dilakukan untuk melaksanakan acara mencar ilmu dengan cara berdikari atas dasar motivasinya sendiri untuk menguasai suatu bahan tertentu sehingga sanggup digunakan untuk memecahkan problem yang sedang dihadapi. Sehingga dalam kemandirian belajar, seorang siswa harus proaktif serta tidak tergantung pada guru.

Jika dilihat dari aspek kognitif maka dengan mencar ilmu secara berdikari akan didapat pemahaman konsep pengetahuan yang baka sehingga akan mempengaruhi pada pencapaian akademik murid. Kondisi tersebut sebab murid sudah terbiasa menuntaskan kiprah yang didapat dengan perjuangan sendiri serta mencari sumber-sumber mencar ilmu telah tersedia.

Kemandirian mencar ilmu siswa, akan menuntut mereka untuk aktif baik sebelum pelajaran berlangsung dan setelah proses belajar. Murid yang berdikari akan mempersiapkan bahan yang akan dipelajari. Sesudah proses mencar ilmu mengajar selesai, murid akan mencar ilmu kembali mengenai bahan yang sudah disampaikan sebelumnya dengan cara membaca atau berdiskusi. Sehingga murid yang menerapkan mencar ilmu berdikari akan menerima prestasi lebih baik jikalau dibandingkan dengan murid yang tidak menerapkan prinsip mandiri.

Posting Komentar untuk "Kemandirian Belajar"