Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Interaksi Berguru Mengajar

Interaksi Belajar Mengajar - Hidup antara insan berlangsung di dalam banyak sekali bentuk korelasi serta di dalam banyak sekali keadaan. Tanpa proses interaksi dalam hidup, maka insan mustahil sanggup hidup bersama. Interaksi terdiri dari kata inter yang berarti antar dan agresi yang berarti kegiatan. Sehingga interaksi ialah aktivitas timbal balik.

Dari sisi terminologi interaksi berarti hal saling melaksanakan agresi saling berafiliasi dan mempengaruhi. Interaksi selalu berafiliasi dengan istilah komunikasi. Komunikasi berasal dari kata communicare yang artinya berpartisipasi dan memberitahukan. Dalam proses komunikasi maka dikenal adanya unsur komunikan serta komunikator.

Hubungan antara komunikan dan komunikator biasanya menginteraksikan perihal satu hal yang dikenal dengan istilah pesan atau message. Demi memberikan pesan diharapkan susukan atau media. Dalam komunikasi terdapat empat unsur yaitu adanya komunikan, adanya komunikator, isi pesan dan susukan atau media.

Apabila dikaitkan dengan proses

berguru mengajar, maka interaksi berguru mengajar ialah suatu hal yang saling melaksanakan agresi di dalam proses berguru mengajar yang di dalamnya ada suatu korelasi antara murid dan guru untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan dari interaksi tersebut ialah suatu hal yang sudah disadari serta disepakati sebagai milik bersama dan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan itu.

Belajar serta mengajar ialah dua konsep yang tidak sanggup dipisahkan dalam aktivitas pengajaran. Belajar cenderung kepada apa yang dilakukan oleh siswa sedangkan mengajar cenderung kepada apa yang dilakukan oleh guru sebagai pemimpin dalam belajar. Dua aktivitas itu menjadi terpadu dalam satu aktivitas ketika terjadi korelasi timbal balik atau interaksi antara guru dengan siswa pada ketika pengajaran berlangsung.

Di pendidikan, interaksi berguru mengajar memiliki sifat edukatif dengan maksud bahwa interaksi itu terjadi dalam rangka untuk mencapai tujuan pribadi untuk membuatkan potensi pendidikan. Interaksi bertujuan untuk membantu pribadi anak membuatkan potensi diri sepenuhnya sesuai dengan cita-citanya dan hidupnya sanggup bermanfaat bagi dirinya sendiri serta masyarakat dan negara. Di dalam interaksi tersebut harus ada perubahan tingkah laris dari murid sebagai hasil dari belajar. Interaksi berguru mengajar merupakan aktivitas timbal balik antara guru dengan murid.

Posting Komentar untuk "Interaksi Berguru Mengajar"