Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Guru

Fungsi guru dan maknanya pada dikala ini mengalami penciutan dimana guru yaitu orang yang mengajar di sekolah. Mereka yang berada di suatu forum kursus atau training tidak disebut dengan guru melainkan tutor atau pelatih. Padahal keduanya tetap saja bertindak menyerupai guru yang mengajarkan hal-hal gres pada murid.

Jasa guru sangatlah besar dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan murid. Guru mempunyai kiprah serta fungsi yang sangat penting untuk membentuk kepribadian anak demi menyiapkan dan menyebarkan sumber daya manusia. Ada beberapa fungsi guru, yang pertama yaitu sebagai pendidik.

Guru selaku pendidik dimana guru menjadi tokoh panutan dan identifikasi bagi para murid dan lingkungannya. Untuk itu, seorang guru harus mempunyai standar kualitas tertentu yang mencakup tanggung jawab, mandiri, disiplin dan wibawa. Fungsi yang lain yaitu guru sebagai pengajar dan pembimbing yang dipengaruhi oleh aneka macam faktor menyerupai motivasi, hubungan murid dengan guru, kemampuan verbal, rasa kondusif serta kemampuan guru dalam berkomunikasi.

Guru juga berperan sebagai pembimbing dan dalam hal ini menyangkut fisik dan juga mental anak didik. Guru merupakan pemimpin dimana guru diperlukan punyai kepribadian dan pengerahuan untuk memimpin anak didiknya. Fungsi yang lain yaitu guru bertugas sebagai pengelola pembelajaran. Disini selain guru harus menguasai aneka macam metode pembelajaran, guru juga harus selalu menambah pengetahuan dan ketrampilan supaya tidak ketinggalan jaman.

Fungsi dari seorang guru lainnya yaitu sebagai model dan teladan. Guru sebagai contoh tentu saja eksklusif dan apa yang dikerjakan guru akan selalu menerima sorotan murid dan orang-orang di lingkungannya. Perilaku guru akan mensugesti murid, namun murid harus berani menyebarkan kepribadiannya sendiri.

Guru juga berfungsi sebagai pendorong kreatifitas. Kreativitas yaitu hal yang sangat penting dalam proses belajar. Disini guru dituntut untuk mendemonstrasikan serta menunjukkan proses kreatifitas. Sebuah kreativitas sanggup dilihat dari adanya aktivitas untuk membuat sesuatu yang sebelumnya belum ada dan tidak dilakukan oleh orang lain atau kecenderungan untuk membuat sesuatu yang baru. Akibat dari fungsi guru ini maka guru akan senantiasa berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik untuk melayani akseptor didik semoga murid semakin kreatif.

Posting Komentar untuk "Fungsi Guru"