Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Metode Penelitian

Sebenarnya metode penelitian yaitu cara alamiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Makara setiap penelitian yang dilakukan itu berkhasiat serta tujuan tertentu. Umumnya tujuan dari penelitian itu ada 3 macam yaitu :

  • Bersifat penemuan
  • Bersifat pembuktian
  • Bersifat pengembangan

Penemuan yang berarti itu datanya benar-benar gres yang memang sebelumnya belum pernah diketahui, sedangkan pembuktian yang berarti itu datanya sanggup dipakai untuk mengambarkan keraguan terhadap pengetahuan atau info tertentu. Sementara untuk pengembangan yang berarti itu sanggup memperluas dan memperdalam pengetahuan yang ada.

Dengan melalui suatu penelitian, insan sanggup memakai atas hasil yang didapatkannya. Secara umum data yang didapat dari suatu penelitian sanggup dipakai untuk memecahkan, memahami serta untuk mengantisipasi masalah. Maksudnya memahami di sini yaitu memperjelas info atau problem yang sebelumnya tidak diketahui dan kemudian menjadi tahu. Sedangkan memecahkan maksudnya meminimalkan atau bahkan menghilangkan problem sementara mengantisipasi yaitu berupaya semoga tidak terjadi lagi masalah.

Pada dasarnya metode penelitian sanggup dibagi menjadi dua yaitu :

  • Bersifat kuantitatif
  • Bersifat kualitatif

Untuk metode kuantitatif juga disebut dengan metode positivistik dikarenakan berasaskan pada filsafat positivisme. Selain itu metode ini juga dikenal dengan metode scientific atau metode ilmiah dikarenakan sudah memenuhi kaidah ilmiah menyerupai empiris, terukur, objektif, sistematis dan rasional. Metode ini disebut juga dengan metode discovery dikarenakan metode jenis ini sanggup dikembangkan dan ditemukan banyak sekali iptek baru. Metode yang juga menerima sebutan metode kuantitatif alasannya datanya berupa angka dan analisis memakai statistik.

Untuk metode kualitatif juga disebut dengan metode postpositivistik dikarenakan berasaskan pada filsafat postpositivistik. Selain itu metode ini disebut dengan metode artistik dikarenakan proses penelitian yang dilakukan cenderung bersifat seni atau kurang terpola. Tidak hanya itu sebutan lain dari metode ini yaitu metode penelitian naturalistik dikarenakan penelitian yang dilakukan dalam kondisi alamiah dan metode ini kebanyakan dipakai untuk penelitian di bidang antropologi budaya. Sebenarnya mengapa disebut dengan metode kualitatif dikarenakan data yang dikumpulkan serta analisisnya cenderung bersifat kualitatif.

Posting Komentar untuk "Definisi Metode Penelitian"