Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Penelitian

Bentuk Penelitian - Secara umum penelitian sanggup dibedakan dan dilihat dari beberapa aspek. Dimana, suatu bentuk penelitian itu dibuat, dilihat dan dibedakan. Beberapa aspek tersebut diantaranya aspek tujuan serta aspek metode.

1. Aspek Tujuan = jikalau mengacu terhadap ekspansi ilmu, biasanya disebut dengan penelitian dasar. Bila mengacu terhadap pemecahan problem serta untuk memperoleh manfaat bagi orang banyak umumnya disebut dengan penelitian terapan.

2. Aspek Metode = menurut aspek metode, bentuk-bentuk penelitian dibagi menjadi beberapa sebagai berikut.

  • Penelitian deskriptif / penelitian praeksperimen = dalam penelitian ini, terdapat perlakuan eksplorasi yang digunakan untuk menggambarkan sebuah objek tertentu dengan terperinci dan sistematis. Tujuannya yaitu untuk memperkirakan tanda-tanda yang akan terjadi disebabkan dasar data yang didapat di lapangan.
  • Penelitian sejarah = penelitian ini hampir sama dengan penelitian deskriptif. Hal yang membedakan kedua penelitian ini yaitu di penelitian sejarah untuk mendapat isu dilakukan metode wawancara terhadap pelaku sejara, narasumber sejarah, contohnya tokoh masyarakat, para pemimpin, dan ahl sejarah yang berafiliasi dengan sebuah peninggalan sejarah
  • Penelitian survey / penelitian normatif / penelitian status = dalam penelitian ini para peneliti menggunakan variabel serta populasi yang luas, tujuannya yaitu sebagai bentuk awal dari penelitian, menyebarkan eksplorasi objek, serta melaksanakan pembagian terstruktur mengenai terhadap suatu problem yang akan diselesaikan.


  • Penelitian eksperimen = Penelitian ini yaitu metode inti untuk model penelitian yang ada. Peneliti eksperimen melaksanakan 3 persyaratan penelitian, yaitu memanipulasi, observasi, dan mengontrol. Didalam penelitian ini, peneliti harus membagi objek yang sedang diteliti menjadi 2 grup, yaitu group perlakuan / yang mendapat perlakuan serta grup kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Penelitian ini biasanya digunakan di dalam bidang IPA, terutama biologi.
  • Penelitian kualitatif = sebuah penelitian yang fokus pada perkiraan dan menurut fakta. Penelitian ini mengacu pada kebenaran itu dinamis, serta sanggup dicari tahu dengan cara mewawancarai orang-orang yang terlibat di dalam kondisi tersebut. Penelitian ini menurut kesimpulan penelitian terhadap asumsi-asumsi interpretasi yang benar dan mengarah kepada fakta serta teori pendukung. Di dalam penelitian ini terdapat 5 karakteristik yaitu sebagai berikut :
  1. Sumber data diperoleh dari lingkungan alamiah
  2. Bersifat deskriptif analitik
  3. Menekan pada proses, tidak pada hasil
  4. Bersifat induktif
  5. Mementingkan makna.

Semoga ulasan wacana bentuk penelitian ini sanggup membantu.

Posting Komentar untuk "Bentuk Penelitian"