Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Dan Persamaan Sel Binatang Dan Sel Tumbuhan

Perbedaan dan persamaan sel binatang dan sel flora – Hewan dan flora ialah bab dari golongan makhluk hidup, dan ibarat yang telah kita semua ketahui bahwa setiap makhluk hidup mempunyai sel sel yang tersusun didalam tubuhnya. Dalam badan binatang dan juga flora tersusun oleh sel sel yang akan membantu tubuhnya untuk melaksanakan kegiatan kehidupannya.

Sel merupakan suatu unit yang paling kecil dan terdapat didalam badan semua makhluk hidup termasuk binatang dan tumbuhan. sel sel yang tersusun dalam badan binatang dan juga flora itu mempunyai perbedaan namun juga mempunyai persamaan. Nah, perbedaan dan persamaan itulah yang akan kita bahas pada postingan artikel kali ini.

Hewan dan flora meskipun didalam tubuhnya sama sama tersusun dari sel sel namun, sel sel antara sel binatang dengan sel flora ada yang mengalami perbedaan. Tetapi ibarat yang telah dijelaskan diatas bahwa tidak semua sel beda, ada juga persamannya. Apa saja perbedaan dan juga persamaan dari sel binatang dan juga sel tumbuhan? yuk sama sama kita belajar.
Perbedaan struktur sel binatang dan sel tumbuhan

Hewan dan tumbuhan, kedua jenis makhluk hidup ini mempunyai perbedaan struktur sel yang terdapat didalam tubuhnya. Perbedaan struktur
sel binatang dan sel flora yang paling terang terlihat ialah dinding sel. Dapat dilihat dengan terang bahwa pada sel binatang tidak terdapat dinding sel, sedangkan pada flora terdapat dinding sel. Selain dinding sel masih ada lagi struktur yang lain yang berbeda antara sel binatang dengan sel tumbuhan. Perbedaan lain yang terdapat pada struktur sel binatang dan juga sel flora ialah sebagai berikut :

Sel Hewan
Tidak terdapat dinding sel didalam badan hewan
Terdapat sentrosom di dalam badan binatang
Terdapat lisosom di dalam badan binatang
Tidak terdapat plastida di dalam badan binatang
Cadangan makanan sel binatang berbentuk sebagai lemak dan juga glikogen
Sel tumbuhan
Di dalam badan flora terdapat dinding sel
Tidak terdapat sentrosom di dalam badan flora
Tidak terdapat lisosom di dalam badan flora
Terdapat plastida di dalam badan flora
Cadangan makanan dalam sel flora berbentuk sebagai pati atau disebut amilum
Persamaan sel binatang dan sel tumbuhan

Diatas sudah dijelaskan bahwa ada beberapa sel yang berbeda antara sel binatang dan juga tumbuhan, namun ada juga persamaan dari keduanya. Berikut ialah persamaan sel binatang dan sel flora :
Sitoplasma. Didalam badan binatang dan juga flora sama sama terdapat sitoplasma yang berfungsi untuk membantu melarutkan nutrisi dan juga limbah yang masuk dalam tubuh.
Membran. Hewan dan juga flora sama sama mempunyai membran sel yang terdiri atas lapisan fosfolipid
Sel inti. Hewan dan juga flora sama sama mempunyai sel inti sejati


Posting Komentar untuk "Perbedaan Dan Persamaan Sel Binatang Dan Sel Tumbuhan"