Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Aturan Adat

Pengertian aturan watak - Hukum watak didefinisikan sebagai suatu aturan atau kebiasaan beserta norma-norma yang berlaku di suatu wilayah tertentu dan dianut oleh sekelompok orang di wilayah tersebut sebagai sumber hukum. Ditinjau dari segi pemakaian aturan watak diartikan sebagai tingkah laris insan maka segala sesuatu yang telah terjadi atau yang biasa terjadi di dalam masyarakat sanggup dijadikan sebagai suatu hukum.

Ciri-ciri aturan watak :
1. Hukum watak tidak termodifikasi dan tidak tertuang di dalam perundang-undangan.

2. Hukum watak tidak disusun secara sistematis

3. Hukum watak tidak dihimpun dalam bentuk kitab atau buku undang-undang hukum

4. Putusan dalam aturan watak tidak menurut pertimbangan tetapi lebih cenderung menurut kebiasaan yang ada di dalam masyarakat.

5. Pasal-pasal yang terdapat di dalam aturan watak tidak memiliki klarifikasi secara rinci. 

Ruang lingkup aturan adat
Hukum watak juga dikenal sebagai aturan kebiasaan dimana peraturan yang ada didalamnya masih bersifat dekat dengan norma dan kebiasaan setempat. Kaprikornus ruang lingkup aturan watak hanya sebatas wilayah yang menganut watak atau kepercayaan tersebut saja. Ruang lingkup aturan watak dibatasi oleh lingkungan aturan perdata. Jika aturan yang ada aturan watak sudah diatur oleh aturan perdata maka aturan adat tersebut tidak berlaku lagi. aturan watak merupakan salah satu kebudayaan bangsa.

Sumber aturan adat
Peraturan yang terdapat dalam aturan watak berasal dari beberapa sumber di dalam masyrarakat tersebut, menyerupai :

a. Kebiasaan masyarakat setempat

Hukum watak bersumber pada kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat, baik kebiasaan jelek maupun kebiasaan baik.

b. Kebudayan tradisional masyarakat

Hukum watak identik dengan aturan tradisional yang berasal dari kebudayaan masyarakat sebelum dibuat peraturan perundang-undangan. Walaupun sudah ada aturan perundang-undangan tetapi masih saja masyarakat di wilayah tertentu yang masih memegang teguh aturan adat.

c. Kaidah kebudayaan orisinil Indonesia

Sebagian masyarakat menganggap jikalau warisan leluhur harus tetap dijaga dan dilestarikan. Inilah yang menjadi salah satu sumber aturan watak di Indonesia

d. Pepatah adat

Pepatah watak merupakan warisan leluhur yang sarat filosofi sehingga merupakan salah satu sumber aturan adat.

e. Dokumen atau naskah pada masa itu

Peninggalan leluhur berupa dokumen dan naskah-naskah seringkali dijadikan sebagai sumber aturan adat.

Contoh aturan watak di Indonesia :
Hukum watak Minangkabau memberlakukan bahwa perempuan menerima warisan utuh dari orangtunya sedangkan pria Minangkabau bertugas merantau ke tanah orang untuk mencari harta lalu ilmu yang mereka dapatkan di tanah rantau diamalkan di kampung halaman. Hukum watak di Papua jikalau seseorang mengalami kecelakaan dan menyebabkan orang lain meninggal maka orang tersebut harus membayar ganti rugi berupa sejumlah uang dan ternak babidalam jumlah yang sangat besar.

Demikianlah sedikit informasi perihal aturan watak di Indonesia, biar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Aturan Adat"