Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukum I Termodinamika

Gambar 1
Hukum I termodinamika merupakan salah satu dari aturan fisika yang berafiliasi dengan kekekalan. Di dalam fisika kita mengenal bermacam – macam aturan kekekalan ibarat aturan kekekalan energi, aturan kekekalan massa,hukum kekekalan momentum dll.

A. Pengertian Termodinamika
Sebelum membahas hukum–hukum Termodinamika terlebih dahulu kita harus tahu apa itu termodinamika. Termodinamika merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara perjuangan dan kalor. Di dalam termodinamika kita mengenal adanya sistem dan lingkungan. Dalam termodinamika sistem diarttikan sebagai kumpulan dari benda – benda atau objek yang diteliti atau menjadi sentra perhatian kita sedangkan lingkungan diartikan sebagai benda atau objek yang berada di luar sistem. Batas ialah mediator antara siitem dan lingkungan. Daerah daerah Sistem dan lingkungan berada disebut semesta.

B. Hukum I Termodinamika
Seperti yang telah disebutkan di atas, Hukum – aturan Termodinamika membahas wacana kekekalan energi antara sistem dan lingkungan. Ada dua
aturan dasar termodinamika, tetapi dalam artikel ini hanya akan dibahas aturan I Termodinamika.
Hukum I termodinamika menyatakan bahwa "Jumlah kalor pada suatu sistem ialah sama dengan perubahan energi di dalam sistem tersebut ditambah dengan perjuangan yang dilakukan oleh sistem."
Hubungan antara kalor dan lingkungan dalam aturan I Termodinamika ibarat yang ditunjukkan pada gambar 1.
Energi dalam sistem ialah jumlah total semua energi molekul yang ada di dalam sistem. Apabila sistem melaksanakan perjuangan atau sistem memperoleh kalor dari lingkungan, maka energi dalam sistem akan naik. Sebaliknya energi dalam sistem akan berkurang kalau sistem melaksanakan perjuangan terhadap lingkungan atau sistem memberi kalor pada lingkungan. Dengan demikian sanggup disimpulkan bahwa perubahan energi dalam pada sistem tertutup merupakan selisih kalor yang diterima dengan perjuangan yang dilakukan sistem.

C. Rumus Hukum I Termodinamika
Dari suara aturan I Termodinamika, maka rumus aturan I Termodinamika sanggup dituliskan sebagai berikut :
Q = ∆U + W atau ∆U = Q – W atau
Dimana :
∆U : Perubahan energi dalam sistem (J)
Q : Kalor yang diterima/dilepas sistem (J)
W : Usaha (J)

D. Perjanjian pada aturan I Termodinamika
Rumus aturan I Termodinamika dipakai dengan perjanjian sebagai berikut :
1. Usaha (W) bernilai positif (+) kalau sistem melaksanakan usaha
2. Usaha (W) bernilai negatif (-) kalau sistem mendapatkan usaha
3. Q bernilai negatif kalau sistem melepas kalor
4. Q bernilai positif kalau sistem mendapatkan kalor
Demikianlah sekilas wacana aturan I Termodinamika, biar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hukum I Termodinamika"