Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Gesek Kinetis

Apa yang ada dibenakmu dikala mendengat Gaya gesek kinetis ? gaya gesek merupakan gaya yang bekerja pada dua permukaan benda yang bersentuhan, baik benda membisu maupun benda bergerak. Karena gaya merupakan besaran vektor, maka gaya gesek memiliki nilai dan arah. Arah gaya gesek selalu berlawanan dengan gaya luar ayang diberikan ada benda atupun berlawanan dengan garah gerak benda.

Pengertian gaya gesek kinetis

Seperti yang telah disebutkan di atas gaya gesek bekerja pada benda membisu maupun benda bergerak. Gaya gesek yang bekerja pada benda yang bergerak disebut gaya gesek kinetis. Arah gaya gesek kinetis berlawanan dengan arah gerak benda. Contoh : kardus yang membisu diatas lantai bernafsu kemudian di tarik dengan gaya kearah kanan, sehingga kardus tersebut bergerak ke arah kanan maka gaya gesek yang bekerja pada lardus tersebut ke arah kiri, seperi yang ditunjukka oleh gambar 1.

Besar kecilnya gaya gesek kinetis dipengaruhi oleh tingkat kekasaran benda. Semakin bernafsu permukaan benda yang bersentuhan maka gaya gesek kinetis yang bekerja pada benda juga akan semakin besar. Jika permukaan benda yang bersentuhan licin gaya gesek yang bekerja kecil dan biasanya diabaikan.

Rumus gaya gesek kinetis

Selain dipengaruhi oleh kekasaran suatu benda, besar kecilnya gaya gesek kinetis juga dipengaruhi oleh nilai koefisien goresan kinetis µk(miu). Untuk menghitung besarnya gaya gesek kinetis yang bekerja pada benda dipakai persamaan :
fk = N . µk
dengan :
fk = gaya gesek kinetis (N)
N = gaya normal benda (N)
µk = koefisien goresan kinetis

Contoh soal gaya gesek kinetis :
1. Sebuah balok bermassa 2 kg membisu diatas lantai kasar. Kemudian balok ditarik dengan gaya 15 N ke arah kanan sehingga balok bergerak. Hitung gaya gesek kinetis yang bekerja pada balok jikalau koefisien goresan balok 0.1 !
Diketahui :
m = 2 kg
F = 15 N
µk = 0.1
ditanya :
fk . . . .?
jawab :
sebelum menjawab soal uraikan dulu gaya yang bekerja pada balok menyerupai yang ditunjukka oleh gambar 2.
Karena balok bergerak di atas bidang datar, maka
∑Fy = 0
N – w = 0
N = W
N = m . g
N = 2 . 10
N = 20 N
fk = N . µk
fk = 20 . 0.1
fk = 2 N
Makara gaya gesek kinetis yang bekerja pada balok sebesar 2 N, sebab balok bergerak ke arah kanan maka arah gaya gesek kinetis ke kiri.
Demikianlah sekilas wacana gaya gesek kinetis, agar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gaya Gesek Kinetis"