Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Fungsi akar pada flora – Tumbuhan ialah makhluk hidup yang tinggal di alam semesta ini. Tumbuhan mempunyai berbagai jenisnya menyerupai flora berpembuluh, flora biji, dan jenis flora tanaman yang lainnya. Setiap jenis flora yang hidup di dunia ini mempunyai organ tubuh berupa akar, batang, daun, bunga dan juga buah. Masing masing organel tersebut mempunyai kiprah dan fungsi masing masing.

Pembahasan pada postingan kali ini tidak akan membahas semua jenis organel yang terdapat didalam tubuh flora menyerupai yang telah disebutkan di atas, namun di sini hanya akan membahas perihal bab akar nya saja. untuk bab kepingan tubuh flora yang lain menyerupai batang, daun, bunga, dan juga buah mungkin akan di bahas dalam kesempatan yang lainnya.

Anda semua niscaya sudah tahu bahwa setiap flora mempunyai akar dalam tubuhnya, baik akar itu terlihat oleh mata alasannya ialah tidak terkubur dalam tanah, maupun akar yang tidak terlihat alasannya ialah terkubur dalam tanah. Perlu anda semua ketahui bahwa akar akar yang terdapat didalam tubuh flora tersebut mempunyai fungsi bagi kehidupan flora itu sendiri. Apa fungsi akar pada tumbuhan? berikut pembahasannya.

Fungsi akar tumbuhan

Sebelum dibahas duduk perkara fungsinya, kta bahas dahulu apa itu akar? Akar ialah bab tubuh flora yang terletak di ujung tubuh tumbuhan, akar pada flora biasanya terletak
didalam tanah, meskipun ada beberapa flora yang mempunyai akar yang tidak tertanam di dalam tanah menyerupai pada flora teratai dan juga eceng gondok. Namun kebanyakan flora mempunyai akar yang tertanam dalam tanah.

Setiap flora mempunyai jenis akar masing masing menyerupai akar serabut, akat yang menjalar dan akar yang tunggang. Masing masing akar tersebut mempunyai fungsi bagi flora tersebut. Berikut ialah beberapa fungsi akar flora :

  • Sebagai alat untuk menyongkong tubuh flora biar flora sanggup berdiri dengan kokoh
  • Sebagai alat untuk menyerap kandungan garan mineral, air, dan juga zat hara yang ada di dalam tanah 
  • Sebagai alat pengangkut zat masakan dan juga air 
  • Sebagai alat respirasi untuk flora tertentu 
  • Sebagai alat untuk menyimpan cadangan makanan

Fungsi tumbuhan

Tumbuhan ialah jenis makhluk hidup yang mempunyai banyak jenisnya. Tumbuhan mempunyai organ organ didalam tubuhnya yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Bagian bab dari organ yang ada didalam tubuh flora ialah batang, akar, daun, bunga dan juga buah. Salah satu bab tersebut telah di bahas di atas. Untuk bab yang lainnya akan dibahas pada postingan postingan berikutnya. Kita tinggalkan dulu perihal organ tubuh tumbuhan, kita bahas dulu perihal flora itu terlebih dahulu. Tumbuhan yang hidup di alam semesta ini mempunyai fungsi yang sangat banyak khususnya untuk manusia. Berikut ialah fungsi flora :

  • Sebagai salah satu penghasil materi makanan
  • Sebagai salah satu materi untuk pembuat kayu bangunan 
  • Sebagai salah satu penghijauan yang sanggup menyejukan alam 
  • Sebagai alat untuk menghindari terjadinya tanah longsor

Posting Komentar untuk "Fungsi Akar Pada Tumbuhan"