Proposal Kewirausahaan Jagung Bakar
BAB I
RINGKASAN EKSEKUTIF
A. Latar Belakang
Usaha yang ingin saya lakukan ialah perjuangan di bidang makanan. Makanan yang saya pilih di sini ialah jagung bakar. Jagung bakar di sini ada aneka macam macam rasa diantaranya jagung bakar manis, jagung bakar anggun istimewa, jagung bakar santan, dan jagung bakar pedas. Di sini saya akan mendirikan sebuah tempat untuk berjualan jagung bakar dan sekalian untuk tempat nongkrong belum dewasa muda dan tiruana kalangan. Karena di sini tidak ada pembatasan usia baik yang muda maupun yang bau tanah bisa membeli jagung bakar ini.
B. Tujuan
1. Tujuan Pendirian usaha
Usaha ini saya dirikan supaya para konsumen sanggup membeli jagung bakar dengan rasa yang mereka inginkan. Selain itu dengan adanya usaha jagung bakar ini menjadi peluang bagi saya untuk lebih menyebarkan kemampuan dalam bidang berbisnis, supaya meraih laba yang besar dan juga bisa membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
2. Tujuan Pembuatan proposal
Proposal yang saya buat ini bertujuan untuk :
1. Sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan
2. Untuk menambah pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.
C. Samasukan
Dalam perjuangan ini samasukan yang saya tujuan ialah tiruana kalangan yaitu mulai dari anak-anak, para mahasiswa maupun kalangan orang tua.
D. Nama Usaha
Saya mendirikan perjuangan ini dengan nama “JAGUNG BAKAR ALA RISKI” .
E. Visi dan Misi Usaha
1. Visi
Menjadi Usaha jagung bakar yang terbaik dengan pelayanan dan kualitas rasa yang memuaskan pelanggan.
2. Misi
a. Meningkatkan kualitas rasa
b. Meningkatkan kualitas pelayanan yang ramah, tepat, dan berkarakter
F. Tempat Usaha
Usaha ini saya dirikan di Jl. Gatot Subroto IV Banjarmasin.
G. Waktu Operasional
Usaha Jagung Bakar ini buka mulai dari pukul 16.00 s/d 21.00 WIB.
BAB II
KONSEP BISNIS
A. Situasi Persaingan
Banyak pesaing yang berjualan jagung bakar membuat saya mengatur seni administrasi secara berhati-hati supaya para konsumen tertarik membeli jagung bakar ala Riski ini. melaluiataubersamaini situasi pesaing yang cukup banykan ini, saya harus berpandai-pandai dalam menarikdanunik hati para konsumen dan tetap terus menjaga rasa jagung bakar ini yummy dilidah para konsumen.
B. Sasaran
Dalam perjuangan ini samasukan yang saya tuju ialah tiruana lapisan masyarakat yang menyukai jagung bakar.
C. Promosi Penjualan
Agar perjuangan jagung bakar ini sanggup berjalan lancar saya melaksanakan promosi dengan cara:
1. Membuat pamflet atau selebaran-selebaran terutama di kampus-kampus.
2. Membuat papan nama di tempat penjualan tersebut.
3. Membuat baliho-baliho yang dipasang besar dan dengan warna yang cerah.
D. Analisis SWOT dalam perkembangan perjuangan
Ø Strenght (kekuatan):
1. Harganya yang terjangkau.
2. Mempertahankan cita rasa dari jagung bakar.
3. Tersedianya macam rasa yang bisa dipilih konsumen.
4. Pelayanan yang baik.
Ø Opportunity (Peluang):
1. Pesaing yang banyak akan membuat perjuangan jagung bakar saya tampil beda dari para penjual jagung bakar lainnya.
2. Mempunyai korelasi yang baik antara penjual jagung dan penyetor jagung
3. Tempat yang seni administrasi dan bisa dijadikan tempat nongkrong para anak muda.
Ø Weakness (kelemahan):
1. Karena memasak jagung bakar membutuhkan waktu yang cukup usang sehingga konsumen agak bosan menunggunya.
2. Keterbatasan modal untuk membuka cabang lain.
3. Tidak sanggup memenuhi pesanan dalam jumlah banyak, alasannya produk dibentuk dalam jumlah terbatas dan waktu yang cukup lama.
Ø Threat (Ancaman):
1. Ada sebagian jagung yang bacin yang dibeli di petani jagung, yang menjadikan kerugian.
2. Banyaknya para penjual jagung bakar lainnya yang bersaing untuk menarikdanunik hati para konsumen.
3. Apabila tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan maka akan mensugesti terhadap kepuasan konsumen.
4. Apabila tingkat motivasi karyawan rendah maka akan mensugesti jumlah produksi.
BAB III
RENCANA PEMASARAN
A. Rencana pemamasukan
1. Produk
Menu yang ditampilkan pada penjualan ini yaitu “Jagung Bakar ala Riski”.
Ø Jagung Bakar :
· Jagung bakar manis
· Jagung bakar anggun istimewa
· Jagung bakar santan
· Jagung bakar pedas
Ø Minuman
· Es teh/ Anget
· Es jeruk/ Anget
· Lemon tea
· Jus (guaka rasa)
2. Harga
Harga yang ditawarkan Rp. 6.000/jagung
B. Rencana keuntungan
1. Modal pertama : Rp. 2.000.000,00
2. Penjualan : Rp. 6.000,00
3. Pengeluaran
Ø Modal Alat :
· Gerobak : Rp.1.000.000,00
· Pemanganggan jagung 2 buah : Rp. 160.000,00
· Plastik : Rp. 50.000,00
· Tempat bumbu-bumbu : Rp. 50.000,00
· Lain-lainnya : Rp 100.000,00+
Jumlah : Rp. 1.360.000,00
Ø Modal Perminggu:
· Jagung 2 karung (200 biji) : Rp. 300.000,00
· Arang : Rp. 100.000,00
· Bumbu-bumbu : Rp. 100.000,00
· Blue Band : Rp. 100.000,00
· Gaji 2 orang pegawai : Rp. 300.000,00+
Jumlah : Rp 900.000,00
Total modal : Rp. 1.360.000,00 + Rp 900.000,00 = Rp. 2.260.000,00
v Estimasi Keuntungan :
Jumlah rata-rata pembelian perminggu ialah 200 biji jagung
Nilai jual perjagung = Rp.6.000,00
Rp 6.000,00 x 200 = Rp. 1.200.000,00
Jadi pendapatan kotor perminggu ialah Rp. 1.200.000,00
Pendapatan membersihkan perminggu : pendapatn kotor – modal perminggu
Pendapatan membersihkan perminggu : Rp. 1.200.000,00 – Rp. 900.000,00
= Rp. 300.000,00
Pendapatan membersihkan perbulan Rp 300.000,00 x 4 ahad = Rp 1.200.000,00
Jadi, dalam waktu 1,5 bulan modal pertama sudah bisa dikembalikan dan sisanya itu ialah keuntungannya.
C. Dana
1. Jumlah dana yang dibutuhkan Rp. 2.260.000,00
2. Dana pertolongan Rp. 260.000,00
3. Dana uang tunaiRp. 2.000.000,00
D. Analisis barang dan jasa
1. Diskriptif
Usaha ini berpertama dari ketertarikan saya yang sangat suka memakan jagung bakar, sehingga membuat saya berpikir untuk mendirikan perjuangan ini.
2. Aspek pemamasukan
Karena perjuangan yang saya dirikan ini tempat stategis dan juga disukai oleh lapisan masyarakat.
3. Analisis lingkungan internal
Usaha aku ini dimenolong oleh mitra saya sendiri, sehingga megampangkan saya untuk perjuangan ini.
4. Analisi lingkungan eksternal
Untuk perjuangan ini alasannya belum ada yang menjalan di tempat ini sehingga meningkatnya ajakan konsumen
5. Aspek keuangan
Modal sendiri Rp. 2.000.000,00
Modal alat seluruhnya Rp.1.360.000,00
Modal materi seluruhnya Rp.900.000,00
BAB IV
PROYEKSI KEUANGAN
A. Modal
1. Modal sendiri Rp. 2.000.000,00
2. Modal pertolongan Rp. 260.000,00
B. Pendapatan
Penjualan perminggu Rp.1.200.000,00
C. Biaya
1. Biaya tetap Rp. 900.000,00
2. Biaya variable Rp. 1.000.000,00
BAB V
PENUTUP
Simpulan
Menurut pandangan saya perjuangan ini akan berkembang dan mencapai kesuksesan. Meskipun banyak pesaing yang menjual jagung bakar ini tetapi saya sangat optimis bahwa perjuangan ini akan berkembang dan memdiberi cita-cita yang sangat menjanjikan. Saya akan berusaha dengan kemampuan yang saya miliki supaya perjuangan ini sanggup berjalan lancar untuk melaksanakan perjuangan ini dengan tidak pantang mengalah dengan segala hambatan dan rintangan yang mungkin terjadi setiap saat. Saya juga berkeyakinan, untuk sanggup mengatasi segala rintangan yang saya hadapi. Dalam menjalankan perjuangan ini membutuhkan kemantapan dan keuletan dalam menjalankannya. Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola perjuangan ini sebaik mungkin. Begitu besarnya biaya perjuangan yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam perjuangan ini.
Demikin usulan ini saya buat sebagai pegangan dalam pengelolaan usaha, dan tolak ukur keberhasilan usaha. Semoga usaha jagung bakar yang aku dirikan ini sanggup berjalan sukses.
Posting Komentar untuk "Proposal Kewirausahaan Jagung Bakar"