Pengambilan Keputusan Taktis
PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS
A. Pengambilan Keputusan Taktis
Keputusan taktis yaitu Keputusan yang dibentuk bukan spesialuntuk untuk tujuan terbatas tetapi juga mempunyai kegunaan untuk jangka panjang.
Metode Pengambilan Keputusan Taktis :
- Kenali dan definisikan masalah.
- Membuat daftar dan mempertimbangkan banyak sekali alternatif solusi yang layak.
- Penetapan biaya dan manfaat setiap alternatif.
- Menghitung total biaya dan manfaat yang relevan dari masing-masing alternatif.
- Penilaian faktor-faktor kualitatif.
- Pengambilan keputusan.
B. Relevansi, Perilaku Biaya dan Model Penggunaan Sumber Daya Aktivitas
Biaya relevan yaitu biaya masa depan yang tidak sama pada masing-masing alternatif. Model penerapan model sumber daya acara membagi biaya dalam dua kelompok yaitu:
- Sumber daya fleksibel : Sumber daya yang diperoleh sesuai dengan yang akan dipakai dan yang dibutuhkan, persediaan setara dengan permintaan. Jika usul berubah, maka biayanya yaitu relevan.
- Sumber daya terikat : Sumber daya yang diperoleh dimuka, sehingga terdapat kapasitas yang tidak terpakai. Biaya mungkin relevan dan mungkin tidak. Jika tidak ada kelebihan kapasitas yang memadai, maka biaya tambahnya relevan.
C. misal Aplikasi Biaya Relevan
Kategori sumber daya | Hubungan usul dan penawaran | relevansi |
Sumber daya fleksibel | Penawaran = usul a. Permintaan Berubah b. Permintaan tetap | a. Relevan b. Tidak relevan |
Di peroleh di muka (jangka Pendek) | Penawaran – Permintaan = Kapasitas tidak terpakai a. Kenaikan usul < kapasitas tidak terpakai b. Kenaikan usul > kapasitas tidak terpakai c. Kenaikan usul (Permguan) 1. kapasitas acara berkurang. 2. kapasitas acara tidak berubah | a. Tidak relevan b. Relevan 1. Relevan 2. Tidak relevan |
Diperoleh di muka (Kapasitas untuk beberapa periode) | Penawaran – usul = kapasitas tidak terpakai a. Kenaikan usul < kapasitas tidak terpakai b. Penurunan usul (Permguan) c. Kenaikan usul > kapasitas tidak terpakai | a. Tidak relevan b. Tidak relevan c. Keputusan modal |
· Keputusan Membuat atau Membeli
misal :
Swasey Manufacturing ketika ini memproduksi komponen elektronik yang dipakai pada salah satu printernya. Dalam setahun, Swasey akan mengganti produk untuk printer jenis lain an komponen elektronik btersebut tidak akan di gunakan. Namun, untuk tahun akan hadir, Swasey harus memproduksi 10.000 komponen untuk mendukung kebutuhan produksi printer lama. Swasey sudah dihubungi oleh pemasok potensial komponen tersebut, yang akan membuat kompenen untuk Swasey dengan harga $ 4,75 perunit. Tawaran tersebut sangat menarikdanunik alasannya yaitu biaya manufaktur penuh perunit yaitu $ 8,20. apakah Swasey akan memproduksi atau membeli komponen tersebut?
Biaya Penyerapan Penuh (Full Absorption Cost) dihitung sebagai diberikut :
Total Biaya | Biaya Perunit | |
Sewa Peralatan Penyusutan Peralatan Bahan Baku Langsung Tenaga Kerja Langsung Overhead Variabel Overhead Tetap Umum | $ 12.000 2.000 10.000 20.000 8.000 30.000 | $ 1,20 0,20 1,00 2,00 0,80 3,00 |
Total | $ 82.000 | $ 8,20 |
Total Biaya Relevan
Alternatif | Perbedaan Biaya | ||
Membuat | Membeli | Untuk Membuat | |
Sewa Peralatan Bahan Baku Langsung Tenaga Kerja Langsung Overhead Variabel Biaya Pembelian Tenaga Kerja Paruh Waktu | $ 12.000 5.000 20.000 8.000 - - | - - - - $ 47.500 8.500 | $ 12.000 5.000 20.000 8.000 (47.500) (8.500) |
Total Biaya Relevan | $ 45.000 | $ 56.000 | $ (11.000) |
· Keputusan Meneruskan atau Menghentikan
misal: :
Norton Materials, Inc.,yang memproduksi balok beton, bata, dan genteng. Kontroler perusahaan sudah menyusun estimasi laporan keuntungan rugi diberikut untuk tahun 2006 (dalam ribuan dolar)
Balok | Bata | Genteng | Total | |
Penjualan Dikurangi : Beban Variabel Margin Kontribusi Dikurangi Beban Tetap Langsung: Iklan Gaji Penyusutan Total Margin Segmen Dikurangi : Beban Tetap Umum Laba Operasi | $ 500 250 | $ 800 480 | $ 150 870 | $ 1.450 870 |
$ 250 | $ 320 | $ 10 | $ 580 | |
$ 10 37 53 | $ 10 40 40 | $ 10 35 10 | $ 30 112 103 | |
$ 100 | $ 90 | $ 55 | $ 245 | |
$ 150 | $ 230 | $ (45) | $ 335 125 | |
$ 210 |
Dalam laporan keuntungan rugi proyeksi kinerja lini genteng menunjukkan margin segmen yang negatif. Lini mencerminkan kinerja lini genteng yang jelek selama tiga tahun berturut-turut. Direktur utama Norton Materials, Tom Blackbum, merasa prihatin dengan kinerja jelek ini dan berusaha memutuskan apakah meneruskan atau menghentikan lini genteng.
- Keputusan Menghentikan Lini Genteng
Meneruskan | Menghentikan | Perbedaan Jumlah Jika Meneruskan | |
Penjualan Dikurangi: Beban Variabel | $ 150 140 | $--- $--- | $ 150 140 |
Margin Kontibusi Dikurangi: Iklan Biaya Pengawasan | $ 10 (10) (35) | $--- --- --- | $ 10 (10) (35) |
(Kerugian) Relevan | $ (35) | $ 0 | $ (35) |
- Keputusan Meneruskan Lini Genteng
Meneruskan | Menghentikan | Perbedaan Jumlah Jika Meneruskan | |
Penjualan Dikurangi: Beban Variabel | $ 1.450 870 | $ 1.186,0 $ 666,6 | $ 264,0 203,4 |
Margin Kontibusi Dikurangi: Iklan Biaya Pengawasan | $ 580 (30) (112) | $ 519,4 (20,0) (77,0) | $ 60,6 (10,0) (35,0) |
Total | $ 438 | $ 422,4 | $ 15,6 |
· Keputusan Pesanan Khusus
misal :
Sebuah perusahaan es krim sedang beroperasi pada 80 persen dari kapasitas produktifnya. Perusahaan tersebut mempunyai kapasitas 20 juta unit ukuran setengah galon. Perusahaan spesialuntuk memproduksi es krim premiun. Total biaya yang berkaitan dengan pembuatan dan penjualan 16 juta unit yaitu sebagai diberikut:
Sebuah perusahaan es krim sedang beroperasi pada 80 persen dari kapasitas produktifnya. Perusahaan tersebut mempunyai kapasitas 20 juta unit ukuran setengah galon. Perusahaan spesialuntuk memproduksi es krim premiun. Total biaya yang berkaitan dengan pembuatan dan penjualan 16 juta unit yaitu sebagai diberikut:
Total | Biaya perunit | |
Biaya variabel: Bahan-bahan susu Gula Penyedap Tenaga kerja pribadi Pengemasan Komisi Distribusi Lain-lain | $ 11.200 1.600 2.400 4.000 3.200 320 480 800 | $ 0,70 0,10 0,15 0,25 0,20 0,02 0,03 0,05 |
Total biaya variabel | $ 24.000 | $ 1,50 |
Biaya tetap: Gaji Penyusutan Utilitas Pajak Lain-lain | $ 960 320 80 32 160 | $ 0,060 0,020 0,005 0,002 0,010 |
Total biaya tetap | $ 1.552 | $ 0,097 |
Total biaya | $ 25.552 | $ 1,597 |
Harga jual grosir | $ 32.000 | $ 2,00 |
Sebuah biro es krim dari wilayah lain yang biasanya tidak dilayani oleh perusahaan, ingin membeli 2 juta unit dengan harga $ 1,55 perunit, asalkan biro tersebut sanggup memasang mereknya pada es krim tersebut. Distributor juga oke untuk membayar biaya transportasi. Karena biro berafiliasi pribadi ke perusahaan, maka tidak ada komisi penjualan. Sebagai manajer perusahaan es krim tersebut, apakah anda akan mendapatkan pesanan ini atau menolaknya?
Biaya relevan Keputusan mendapatkan perusahaan:
Menerima | Menolak | Perbedaan Keuntungan Jika Menerima | |
Pendapatan Bahan-bahan Susu Gula Penyedap Tenaga Kerja Langsung Pengemasan Lain-lain | $ 3.100.000 (1.400.000) (200.000) (300.000) (500.000) (400.000) (100.000) | $--- --- --- --- --- --- --- | $ 3.100.000 (1.400.000) (200.000) (300.000) (500.000) (400.000) (100.000) |
Total | $ 200.000 | $ 0 | $ 200.000 |
Dapat dilihat bahwa untuk perusahaan ini, mendapatkan pesanan khusus kan menaikkan keuntungan sebesar $ 200.000 ($0,10 x 2.000.000)
D. Keputusan Bauran Produk
Keputusan Bauran Produk Dipengaruhi Oleh:
- Sumber daya dengan satu hambatan
- Sumber daya dengan banyak hambatan
E. Penetapan Harga
Penetapan harga menurut biaya
Biaya ialah input yang penting bagi keputusan penetapan harga. Penetapan harga menurut biaya memakai markup yang didasarkan pada seperangkat unsur biaya.
Markup harga pokok penjualan | = | (Beban penjualan dan manajemen + Laba operasi)/Harga pokok penjualan |
Perhitungan biaya sasaran dan penetapan harga Perhitungan biaya sasaran (Target Costing) yaitu suatu metode penentuan biaya produk atau jasa menurut harga(harga target) yang bersedia dibayarkan oleh pelanggan. Ini juga sering disebut sebagai perhitungan biaya menurut harga (Price driven costing). Penetapan harga sasaran dilakukan secara terbalik dari harga yang sanggup diterima pelanggan untuk mengetahui kebutuhan biaya memproduksi suatu produk. | |||
Posting Komentar untuk "Pengambilan Keputusan Taktis"