Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Purchasing Power Parity Serta Pemanfaatannya Pada Perdagangan Dan Pasar Uang

Bagi pelaku ekonomi, khususnya yang terlibat dalam perdagangan internasional (ekspor-impor) atau mereka yang menekuni dunia pasar uang (forex market), istilah Purchasing Power Parity (PPP) ialah hal yang acapkali dijumpai, baik dalam proyeksi, kalkulasi, maupun penilaian transaksi. Pada peluang kali ini kita akan mempelajari konsep dasar Purchasing Power Parity (PPP) dan memanfaatkannya dalam perekonomian dan perdagangan.

 khususnya yang terlibat dalam perdagangan internasional  Konsep Purchasing Power Parity serta Pemanfaatannya pada Perdagangan dan Pasar Uang
Sejarah Teori Purchasing Power Parity.
Beberapa studi sebut bahwa secara teoretis, konsep Purchasing Power Parity pertama kali diperkenalkan oleh the Salamanca School pada masa ke-16, di Spanyol; serta pada goresan pena Gerrard de Malynes (1601) di Inggris.

Sementara negara-negara ibarat Inggris, Perancis, dan Swedia diyakini sudah menerapkan konsep yang ibarat PPP dalam hubungannya dengan transaksi dan pencatatan logam mulia (bullion transaction and report).



Beberapa ekonom ibarat David Ricardo, John Stuart Mill, dan Alfred Marshall juga membuatkan konsep yang serupa dengan PPP dalam studi-studi mereka.

Namun kalau ditelusur dari penerapan konsep, Gustav Cassel (1918) diyakini menjadi peneliti pertama yang mengaplikasikan Purchasing Power Parity dalam studinya.

Dalam studi tersebut Cassel menyatakan PPP sebagai alat untuk menyesuaikan tingkat nilai tukar (exchange rate) bagi negara-negara yang berniat kembali menganut sistem emas (gold standard), mengingat bahwa negara yang meninggalkan sistem emas sudah mengalami perubahan signifikan dalam penentuan tingkat inflasi, baik selama maupun setelah perang dunia pertama (Dornbusch, Rudiger. Purchasing Power Parity, NBER Working Paper Series No. 1591, 1985).

Konstruksi Purchasing Power Parity.

Pada dasarnya, Purchasing Power Parity ialah teori yang membuktikan bahwa nilai tukar antara dua mata uang akan berubah sesuai dengan perubahan tingkat harga relatif pada dua negara yang bertransaksi dengan memakai mata uang tersebut; atau dengan kata lain, nilai tukar nominal dari dua mata uang seharusnya setara dengan rasio tingkat harga agregat diantara dua negara tersebut.

Hal ini mengandung pengertian bahwa nilai satu unit mata uang suatu negara mempunyai daya beli yang sama kalau dipakai di negara lain.

Gambaran sederhana dari teori PPP ialah sebagai diberikut: kalau harga produk X dijual di dalam negeri (negara A) berharga 1/unit, maka ketika produk X yang sama dijual diluar negeri (negara B), akan berharga (e x 1)/unit, dimana e mengindikasikan nilai tukar mata uang antara negara A dan B. Konsep ini disebut juga sebagai strong PPP atau absolute PPP, dimana nilai tukar mata uang (e) dianggap konstan (tidak mengalami perubahan).

Secara teoretis, konsep diatas tidak mengakibatkan persoalan; akan tetapi, mengingat bahwa nilai mata uang selalu berfluktuasi, serta adanya biaya-biaya yang terkait dengan penjualan produk di negara lain (misalnya biaya transportasi, ongkos penyimpanan, pajak, bea cukai, dan lain-lain), maka konsep tersebut tidak sanggup diterapkan begitu saja.

The Law of One Price (LOP).
Konstruksi dasar PPP juga sanggup ditelusuri dari konsep the Law of One Price (LOP). Adapun penggambaran LOP ialah sebagai diberikut:

Misalnya harga produk A dijual di Amerika Serikat seharga US$ 10/unit. Sementara produk yang sama di jual di Jepang dengan harga ¥600 (dengan perkiraan bahwa nilai tukar per US$ 1 setara dengan ¥ 100).

Apabila dihitung dengan aturan satu harga, maka nilai produk A yang ada di Jepang spesialuntuk setara dengan US$ 6/unit (jika US$ 1 = ¥ 100, maka US$ 6 = ¥ 600). Keadaan ini disebut juga dengan Good Arbitrage atau International Arbitrage. Dalam kondisi ibarat ini, ada laba ketika membeli produk A di Jepang dan menjualnya di Amerika dengan harga yang lebih tinggi, dengan perkiraan tidak ada biaya lain-lain (transportasi, bea cukai, dan sebagainya).

Pada periode tertentu, alasannya undangan produk A di Jepang meningkat (akibat harga yang lebih kompetitif, US$ 6/unit), sementara disaat yang sama undangan produk A di Amerika Serikat menurun (karena harga yang lebih mahal, US$ 10/unit), maka akan terjadi kenaikan harga di Jepang (akibat kelebihan permintaan); sebaliknya, alasannya terjadi penurunan undangan di Amerika Serikat, maka harga juga akan turun.

Kondisi ini pada suatu ketika akan menemui titik keseimbangan, katakan harga produk A di Amerika Serikat menjadi US$ 8/unit dan di Jepang menjadi ¥ 800/unit.

Sekali lagi, penggambaran diatas ialah teori dengan asumsi-asumsi yang harus dipenuhi, yang tentunya tidak berlaku di dunia nyata. PPP sendiri intinya sanggup dilihat sebagai konsep agregat dari The Law of One Price.

Makara kesimpulannya, Purchasing Power Parity mengkondisikan bahwa pasar yang identik harus menjual produk dengan harga yang identik, meski berada di lokasi/negara lain, tanpa memperhatikan biaya-biaya yang terkait dengan produk tersebut (Sarno, Lucio, and Mark P. Taylor. Purchasing Power Parity and the Real Exchange Rate, IMF Staff Papers Vol 49, No. 1, 2002).

Sebagai informasi, tidak sama dengan absolute PPP, relative PPP mensyaratkan bahwa nilai tukar mata uang antar dua negara harus selalu diubahsuaikan seturut dengan perbedaan tingkat inflasi dimasing-masing negara. Konsep relative PPP inilah yang kemudian lebih sering dipakai alasannya dianggap lebih realistis.

Pemanfaatan Purchasing Power Parity.
Meskipun mempunyai kelemahan-kelemahan alasannya adanya asumsi-asumsi yang harus dipenuhi, konsep Purchasing Power Parity tetap dipakai sebagai salah satu tolok ukur yang dipakai dalam memilih income dan standar upah layak, yang secara internasional diadopsi oleh forum multinasional ibarat Bank Dunia (the World Bank). Sebagai alat ukur perbandingan data, PPP mempersembahkan citra yang cukup penting bagi penilaian kinerja ekonomi nasional.

Selain itu, dalam kaitannya dengan nilai tukar mata uang (exchange rate), PPP dipakai sebagai perbandingan rata-rata biaya produk dan jasa antar negara. Asumsinya bahwa acara perdagangan internasional (ekspor-impor) memicu perubahan pada nilai tukar mata uang. Artinya, transaksi dalam mata uang suatu negara menghipnotis nilai tukar mata uang negara tersebut di pasar uang (forex market).

Penutup.
Konsep Purchasing Power Parity (PPP) lahir dari kebutuhan dalam rangka perdagangan internasional, serta terkait dekat dengan nilai tukar mata uang antar negara; sehingga meskipun mempunyai kelemahan dalam konstruksi teorinya, Purchasing Power Parity tetap dipakai sebagai salah satu alat ukur penting dalam perekonomian dan perdagangan. **


ARTIKEL TERKAIT :
Merkantilisme dalam Sejarah Perekonomian dan Perdagangan Dunia
Arti dan Fungsi Indeks Keyakinan Konsumen (Consumer Confidence Index) dalam Perekonomian
Memahami Maksud dan Tujuan Kebijakan Moneter
Hakikat dan Permasalahan Distribusi Pendapatan (Income Distribution)

Posting Komentar untuk "Konsep Purchasing Power Parity Serta Pemanfaatannya Pada Perdagangan Dan Pasar Uang"