Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Berguru Kognitif

Secara umum terdapat ada tiga jenis teori berguru yang telah dikenal, yaitu teori berguru Kognitif, Behavioristik dan teori berguru Konstruktivistik. Namun pada pembahasan kali ini, akan disampaikan pembahasan mengenai teori berguru kognitif. Teori berguru ini tidak sama dengan teori berguru behavioristik.

Teori kognitif lebih mementingkan sebuah proses berguru dari pada hasil dari berguru itu sendiri. Untuk penganut aliran kognitif mengungkapkan bahwa berguru bukanlah sekedar melibatkan korelasi diantara respon dan stimulus. Berbeda dengan model berguru behavioristik yang mempelajari setiap proses berguru hanya menjadi korelasi stimulus-respon.

Pada model berguru kognitif yaitu suatu bentuk teori berguru yang sering disebut dengan model perseptual. Belajar kognitif menyatakan bahwa sikap seseorang ditentukan oleh pendangan serta pemahamannya mengenai situasi yang berafiliasi dengan tujuan berguru mereka. Belajar yaitu perubahan pandangan dan pemahaman yang tidak selalu sanggup terlihat sebagai
sikap yang nampak.

Teori berguru kognitif juga menekankan pada bagian-bagian atas situasi yang saling berkaitan dengan konteks situasi itu sendiri. Membagi-bagi atau memisahkan situasi atau materi pelajaran kedalam komponen-komponen yang lebih kecil serta mempelajarinya dengan cara terpisah sanggup mengakibatkan kehilangan arti. Pandangan akan teori ini bahwa berguru yaitu suatu proses didalam yang melingkupi memory, retensi, pengolahan informasi, emosi dan aspek kejiwaan yang lain.

Belajar yaitu acara yang melibatkan kompleksnya proses berpikir. Belajar terjadi antara lain mencakup pengaturan stimulus yang didapat dan diubahsuaikan dengan struktur kognitif yang sudah dipunyai dan terbentuk dalam pikiran seseorang atas dasar pemahaman dan pengalaman. Teori berguru kognitif membuktikan berguru dengan cara fokus pada perubahan proses jiwa dan struktur yang terjadi sebagai akhir dari perjuangan untuk memahami kehidupan. Teori kognitif yang digunakan untuk membuktikan kiprah yang sederhana menyerupai mengingat nomor telepon dan kompleks dan memesahkan problem yang tidak jelas.

Ada empat prinsip dasar teori kognitif yaitu pembelajar aktif dalam perjuangan untuk memahami pengalaman, pemahaman bahwa murid meningkatkan tergantung pada apa yang sudah mereka ketahui, berguru membangun pengertian dari pada catatan, berguru merupakan perubahan dalam struktur jiwa seseorang.

Posting Komentar untuk "Teori Berguru Kognitif"