Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pembelajaran Pada Paud

Pembelajaran Pada Paud - Belajar merupakan suatu kebutuhan khusus bagi semua orang. Bahkan untuk anak kecil juga sudah saatnya diberikan suatu aktivitas yang bertujuan untuk mengajarkan tindakan yang baik. Untuk menuntut anak usia dini tersebut mengerti yang telah diberikan oleh pendamping maka diharapkan teknik pembelajaran yang tepat. Salah satunya dengan memakai teknik kembali pada lingkungan.

Teknik ini menitik beratkan kepada tindakan pembelajaran yang dilakukan dimana saja yang terdapat pada lingkungan daerah PAUD itu berada. Dalam fase usia anak dalam masa pertumbuhan belum bisa untuk diberikan pengetahuan dengan model pengajaran duduk. Nuansa yang dilakukan yaitu dengan bermain dan diselipkan pengertian.

Menggunakan model bermain justru akan memudahkan anak usia dini mengingat apa yang telah disampaikan oleh pendamping. Selain itu teknik ini memerlukan partisipasi orang-orang yang berada di lingkungan PAUD tersebut. Teknik pembelajaran ini dimana bawah umur akan diajak untuk mengelilingi lingkungan PAUD dan diajak untuk menghampiri salah satu rumah warga. Namun sebelumnya telah melaksanakan kolaborasi dengan pemilik rumah dimana area rumahnya dipakai bawah umur untuk belajar. Dari disana bawah umur diajak mencar ilmu mengenal beberapa tanaman, buah dan sebagainya tergantung yang tersedia pada rumah yang telah anda ajak kolaborasi tersebut. Dari situasi ini memperlihatkan rasa bahagia bawah umur dengan berjalan-jalan tersebut sudah sama dengan bermain keluar rumah dan mendapat pengetahuan.

Selain itu bawah umur diajak untuk berkeliling melihat keadaan sekitar PAUD. Dan mengajak untuk menemukan masalah, semisal lingkungan banyak dijumpai sampah maka dorong anak semoga menemukan permasalahannya secara sederhana. Selain itu ajak anak untuk melaksanakan tindakan yang faktual ibarat memungut sampah dan membuang pada tempatnya. Dengan melaksanakan tindakan tersebut sama saja dengan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dan kemandirian dari anak didik. Dalam menjalankan teknik ini ada beberapa kendala, yang paling sering yaitu orang bau tanah yang selalu ingin mengikuti kemanapun anaknya melaksanakan kegiatan. Disini anda dituntut untuk meyakinkan kepada orang bau tanah semoga tidak mengikuti kegiata. Dampaknya pada anak yang akan terlatih untuk menjadi mandiri.

Posting Komentar untuk "Teknik Pembelajaran Pada Paud"