Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Dari Pembelajaran Lesson Study

Pada ketika ini di ilmu pendidikan sedang marak dengan adanya sebuah pembelajaran Lesson Study, mungkin bagi anda yang sudah tahu soal ini biasa saja namun bagi yang tidak mengetahui pembelajaran Lesson Study niscaya akan bertanya-tanya apa itu pembelajaran Lesson Study. Pembelajaran Lesson Study ini sesungguhnya sebuah pembelajaran yang mempunyai sebuah model training yang berprofesi pada bidang atau mempunyai basis kolaborasi.

Pembelajaran Lesson Study ini pada mulanya berasal dari negeri sakura yaitu Jepang. Di negeri sakura ini para siswa tidak memakai cara yang monolog namun juga bukan dengan memakai sebuah obrolan saja akan tetapi para siswa benar – benar di gembleng agar sanggup berguru dengan seoptimal mungkin dan mendapat sebuah pengalaman berguru yang real.

Metode dari pembelajaran Lesson Study ini tidak lagi hanya melibatkan antara siswa dan juga guru ibarat metode – metode pembelajaran yang lainnya namun metode Lesson Study yang telah di
kembangkan ini telah melibatkan orang renta para siswa. Pada metode pembelajaran Lesson Study ini melibatkan eksklusif guru, orang renta siswa dan sangat mungkin juga eksklusif terlibat dengan pakar pendidikan tertentu agar siswa sanggup benar-benar berguru secara optimal.

Inti dari pembelajaran Lesson Study ini sesungguhnya ialah dengan melaksanakan kolaboratif pembelajaran dengan cara menyebarkan perangkat pembelajaran dan menyebarkan rencana, revisi dan refleksi planning dengan cara terus menerus sampai mengatakan sebuah peningkatan dan juga melaksanakan sebuah observasi.

Metode pembelajaran Lesson Study ini di bagi menjadi 3 tahapan, yakni :

Tahan yang pertama ialah Perencanaan/Plan
Pada tahap ini dilakukan sebuah penyusunan planning acara di dalam jangka waktu tertentu. Biasanya pada perencanaan ini di susun dalam waktu 3 bulan ataupun semester, perencanaan ini akan di susun dalam bentuk sebuah table dan setiap orang harus mematuhinya.

Tahap yang kedua ialah Pelaksanaan/Do
Pada tahap ini akan ada sebuah tim yang eksklusif melaksanakan sebuah pengamatan terhadap parasiswa pada setiap acara yang telah di ikuti oleh siswanya. Untuk tim ini tidak diharuskan untuk melaksanakan sebuah interaksi terhadap siswanya, namun tim ini hanya akan mencatat dan mengamati setiap insiden yang ada.

Tahap yang terakhir ialah Refleksi/See
Pada tahap inilah para TIM yang melaksanakan sebuah observasi melaksanakan diskusi dan menilai setiap siswanya untuk sanggup menyebarkan sebuah pembelajaran Lesson Study.

Posting Komentar untuk "Tahapan Dari Pembelajaran Lesson Study"