Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas atau yang biasa disingkat PTK ini terdiri atas 3 kata, yakni penelitian, tindakan serta kelas. Maksudnya penelitian yakni suatu acara untuk mengamati sebuah objek dengan memakai metode tertentu serta mempunyai tujuan untuk mendapat data yang mempunyai kegunaan demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Sedangkan Tindakan merupakan sesuatu yang dilakukan dengan sengaja demi mencapai tujuan. Sementara itu, suatu penelitian tindakan kelas diartikan sebagai pembelajaran sistematis atas upaya dalam meningkatkan praktek pendidikan oleh partisipan dengan cara refleksi serta memakai tindakan mudah mereka terhadap imbas dari tindakan tersebut. Untuk konteks pendidikan sendiri, PTK bisa juga diartikan sebagai tindakan perbaikan guru untuk mengorganisasikan suatu pembelajaran dengan sistematik supaya mendapat hasil yang tentunya lebih baik.

PTK atau penelitian tindakan kelas juga dibagi ke dalam 2 jenis yakni PTK mudah dan PTK partisipan. Pembagian dalam penelitian tindakan kelas tersebut kita kenal dengan action research practical. Untuk tujuan dari PTK mudah sendiri yaitu untuk meneliti situasi dan kondisi sekolah tertentu supaya keahliannya lebih meningkat. Makara penelitian tersebut terfokus semoga meningkatkan wawasan dan
pembelajaran siswa serta meningkatkan kemampuan guru.

Adapun manfaat dari Penelitian tindakan kelas antara lain :

· PTK bisa dilakukan oleh semua tipe maupun level sekolah, guru kelas baik itu secara kelompok maupun individu dan bahkan pimpinan sekolah sekalipun.

· PTK bisa memperbaiki kualitas praktek pendidikan, membantu guru maupun pimpinan sekolah untuk meningkatkan kompetensi.

· PTK bisa memberi ruang kepada partisipan pendidikan untuk melaksanakan penelitian, jadi mereka bisa terus berbagi metode yang efektif dalam pembelajaran.

· PTK bisa membantu para guru dalam mengidentifikasi dilema dengan sistematis.

· PTK bisa membangun komunitas dengan berorientasi penelitian pada suatu sekolah tertentu.

Untuk penelitian tindakan kelas juga dibagi menjadi tiga karakteristik utama yaitu :

· Penelitian tindakan yang difokuskan terhadap warta lokal serta dipakai dalam konteks lokal.

· Penelitian tindakan yang dilakukan untuk dan oleh praktisi.

· Hasil dari penelitian tindakan (suatu tindakan atau perubahan yang diterapkan oleh praktisi untuk konteks tertentu).

Sementara prinsip yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas ada beberapa mencakup :

· Kegiatan yang faktual untuk situasi rutin

· Adanya kesadaran untuk memperbaiki kinerja

· SWOT yang dipakai sebagai dasar penelitian

· Upaya sistematik dan empiris

· Mengikuti prinsip SMART untuk perencanaan

Pada dasarnya tujuan dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas dari pembelajaran dan juga membantu memberdayakan pengajar untuk memecahkan dilema mengenai pembelajaran di sekolah.

Posting Komentar untuk "Penelitian Tindakan Kelas"