Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penelitian Pendidikan

Pengertian dari penelitian pendidikan yakni suatu aktivitas yang sistematis untuk menemukan balasan yang mendekati kebenaran mengenai permasalahan pendidikan atas dasar daypikir yang rasional dan logis, serta adanya pinjaman dari fakta empiris.

Penelitian pendidikan umumnya dilakukan untuk mengembangkan, menemukan dan menguji atas kebenaran dari suatu konsep, prinsip, pengetahuan dan mengenai pendidikan secara umum. Adapun tujuan penelitian pendidikan sebagai berikut :
  1. Untuk materi masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah.
  2. Untuk membantu tenaga kependidikan menyerupai guru dan lainnya dalam mengatasi persoalan pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas.
  3. Untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan.
  4. Untuk menumbuhkan dan berbagi budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melaksanakan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan.
  5. Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya dikala melaksanakan PBT.
  6. Untuk meningkatkan kolaborasi yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.
Selain itu manfaat dari penelitian pendidikan sendiri yaitu :
  1. Sebagai peta yang sanggup mendeskripsikan mengenai keadaan pendidikan serta mendeskripsikan perihal kemampuan sumber daya mengenai kemungkinan kendala yang bisa dihadapi.
  2. Sebagai sarana diagnosis ketika mencari penyebab suatu kegagalan dan persoalan yang di hadapi pada dikala pelaksanaan pendidikan semoga bisa dicari penyelesaiannya.
  3. Sebagai materi dasar untuk menyusun suatu kebijakan, termasuk seni administrasi dalam pengembangan pendidikan.
  4. Sebagai masukan yang sanggup memperlihatkan citra mengenai kemampuan dalam peralatan, pembiayaan, perbekalan dan tenaga kerja yang mempunyai tugas dalam keberhasilan pendidikan.
Untuk jenis-jenis dari penelitian pendidikan sendiri dibagi menjadi 6 kepingan yakni :

Penelitian Deskriptif
Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan suatu aktivitas penelitian yang dilakukan terhadap objek-objek tertentu dengan cara sistematis dan jelas.

Penelitian Eksperimen
Penelitian ini dilakukan dengan memakai 3 persyaratan yaitu peneliti harus melaksanakan aktivitas mengontrol, lalu memanipulasi serta melaksanakan observasi.

Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian terhadap refleksi diri menurut yang sudah dilakukan partisipan selama ini dalam situasi-situasi sosial (pendidikan) semoga bisa memperbaiki praktek yang dilakukannya.

Penelitian Kualitatif
Metode penelitian ini yang sering kali dipakai untuk melaksanakan penelitian terhadap kondisi objek alamiah.

Penelitian Kuantitatif
Metode penelitian ini yang dipakai untuk meneliti sampel atau populasi tertentu.

R & D
Research an Development atau penelitian dan pengembangan ini merupakan seni administrasi yang ampuh untuk memperbaiki praktek. Maksudnya untuk berbagi produk baru.

Pada hakikatnya penelitian pendidikan merupakan cara untuk memperoleh gosip yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai upaya untuk memahami proses kependidikan.

Posting Komentar untuk "Penelitian Pendidikan"