Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang di dalamnya tidak memakai model statistik, matematis atau komputer. Makara penelitian tersebut dimulai dari menyusun beberapa perkiraan dasar serta hukum berpikir yang nantinya akan dipakai di dalam penelitian. Selain itu metode penelitian kualitatif juga biasa disebut dengan metode penelitian naturalistik, hal ini dikarenakan dalam penelitian yang dilakukan itu dengan cara alamiah (natural).
Di dalam metode penelitian kualitatif sendiri terdapat 5 karakteristik yang menjadi pokok dalam penelitian tersebut, ialah :
· Menggunakan lingkungan untuk sumber datanya
Misalnya menyerupai kondisi sosial yang akan dijadikan sebagai kajian utama dalam penelitian. Dengan pergi ke lokasi, lalu mempelajari dan memahami situasi di sana. Makara yang diamati bantu-membantu tidak jauh dari konteks lingkungan kawasan di mana tingkah laris tersebut berlangsung.
· Mempunyai sifat deskriptif analitik
Di sini semua data yang didapat dari lapangan disusun oleh peneliti, lalu dilakukan analisa dengan membandingkan, mencari relasi serta memilih contoh dari data aslinya. Dari analisa tersebut nantinya akan disusun dalam bentuk uraian naratif.
· Lebih menekankan pada
prosesnya (bukan hasil)
Makara data yang diharapkan lebih berkenaan dengan beberapa pertanyaan menyerupai mengapa, apa serta bagaimana untuk mengungkap suatu proses dan bukan hasil dari kegiatan.
· Bersifat induktif
Penelitian tidak dilakukan secara deduksi melainkan dimulai dari kondisi lapangan ialah fakta empirisnya.
· Mengutamakan makna
Makna yang ditekankan di sini seputar peristiwa.
Sementara menurut penggunaannya, maka sanggup dikemukakan mengenai tujuan dari penelitian kualitatif di bidang pendidikan yakni :
· Untuk menggambarkan proses suatu acara pendidikan atas dasar yang terjadi bantu-membantu di lapangan untuk materi kajiannya yang nantinya mempunyai kegunaan untuk menemukan kelemahan dan kekurangan pendidikan sehingga sanggup ditentukan penyempurnaannya.
· Menafsir dan menganalisa suatu gejala, fakta serta insiden pendidikan yang tengah terjadi di lapangan dalam konteks ruang, waktu dan situasi secara alami.
· Menyusun hipotesa yang bekerjasama dengan prinsip dan konsep pendidikan atas informasi dan data bantu-membantu terjadi di lapangan yang mempunyai kegunaan untuk kepentingan pengujian lanjutan dengan pendekatan kualitatif.
Yang menjadi kajian penelitian kualitatif di dalam suatu pendidikan ialah erat kaitannya dengan proses bimbingan, pengajaran, administrasi atau pengelolaan kelas, pengawasan dan kepemimpinan pendidikan, upaya pengembangan kinerja profesi guru serta dan sebagainya. Selain itu penelitian kualitatif kerap dipakai dalam penelitian tindakan kelas dan dalam bidang pendidikan.
Di dalam metode penelitian kualitatif sendiri terdapat 5 karakteristik yang menjadi pokok dalam penelitian tersebut, ialah :
· Menggunakan lingkungan untuk sumber datanya
Misalnya menyerupai kondisi sosial yang akan dijadikan sebagai kajian utama dalam penelitian. Dengan pergi ke lokasi, lalu mempelajari dan memahami situasi di sana. Makara yang diamati bantu-membantu tidak jauh dari konteks lingkungan kawasan di mana tingkah laris tersebut berlangsung.
· Mempunyai sifat deskriptif analitik
Di sini semua data yang didapat dari lapangan disusun oleh peneliti, lalu dilakukan analisa dengan membandingkan, mencari relasi serta memilih contoh dari data aslinya. Dari analisa tersebut nantinya akan disusun dalam bentuk uraian naratif.
· Lebih menekankan pada
prosesnya (bukan hasil)
Makara data yang diharapkan lebih berkenaan dengan beberapa pertanyaan menyerupai mengapa, apa serta bagaimana untuk mengungkap suatu proses dan bukan hasil dari kegiatan.
· Bersifat induktif
Penelitian tidak dilakukan secara deduksi melainkan dimulai dari kondisi lapangan ialah fakta empirisnya.
· Mengutamakan makna
Makna yang ditekankan di sini seputar peristiwa.
Sementara menurut penggunaannya, maka sanggup dikemukakan mengenai tujuan dari penelitian kualitatif di bidang pendidikan yakni :
· Untuk menggambarkan proses suatu acara pendidikan atas dasar yang terjadi bantu-membantu di lapangan untuk materi kajiannya yang nantinya mempunyai kegunaan untuk menemukan kelemahan dan kekurangan pendidikan sehingga sanggup ditentukan penyempurnaannya.
· Menafsir dan menganalisa suatu gejala, fakta serta insiden pendidikan yang tengah terjadi di lapangan dalam konteks ruang, waktu dan situasi secara alami.
· Menyusun hipotesa yang bekerjasama dengan prinsip dan konsep pendidikan atas informasi dan data bantu-membantu terjadi di lapangan yang mempunyai kegunaan untuk kepentingan pengujian lanjutan dengan pendekatan kualitatif.
Yang menjadi kajian penelitian kualitatif di dalam suatu pendidikan ialah erat kaitannya dengan proses bimbingan, pengajaran, administrasi atau pengelolaan kelas, pengawasan dan kepemimpinan pendidikan, upaya pengembangan kinerja profesi guru serta dan sebagainya. Selain itu penelitian kualitatif kerap dipakai dalam penelitian tindakan kelas dan dalam bidang pendidikan.
Posting Komentar untuk "Penelitian Kualitatif"