Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instrumen Kinerja Guru

Penilaian instrumen kinerja guru merupakan evaluasi dari tiap butir acara kiprah utama guru dalam rangka untuk pelatihan kepangkatan, karir dan jabatannya. Tugas utama guru yang dilaksanakan tidak bisa dipisahkan dengan kemampuan guru dalam penguasaan ilmu pengetahuan, penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan

Adanya penguasaan akan kompetensi serta penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan guru, akan sangat memilih pencapaian kualitas proses berguru mengajar atau pembimbingan murid, dan pelaksanaan kiprah pemanis yang relevan. Sistem evaluasi instrumen kinerja guru merupakan sistem evaluasi yang telah dibentuk untuk mengidentifikasi kecakapan guru dalam menjalankan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang dibuktikan dalam kerjanya.

Penilaian instrumen kinerja guru memiliki 2 fungsi utama yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi serta ketrampilan yang
dibutuhkan untuk proses berguru mengajar, pembimbingan atau pelaksanaan kiprah pemanis yang relevan. Untuk hal ini kinerja guru merupakan citra atas kekuatan dan kelemahan guru yang akan teridentifikasi dan memiliki makna sebagai analisis keperluan atau audit ketrampilan setiap guru yang bisa digunakan sebagai bisnis.

Fungsi yang kedua ialah untuk menghitung nilai kredit yang didapat oleh guru atas kinerja nya, pelaksanaan kiprah pemanis atau bimbingan yang relevan. Aktivitas evaluasi kinerja diadakan setiap tahun sebagai bab dari adanya proses pengembangan karir serta promosi guru untuk kenaikan jabatan fungsional dan pangkat.

Hasil dari evaluasi kinerja guru ini diperlukan bisa bermanfaat untuk memilih banyak sekali kebijakan yang bekerjasama dengan peningkatan mutu serta kinerja guru yang merupakan ujung tombak atas pelaksanaan proses pendidikan untuk mencetak insan yang cerdas, dan berdaya saing tinggi. Penilaian kinerja guru ialah contoh bagi sekolah atau madrasah guna memutuskan pengembangan karir serta promosi untuk guru.

Sedangkan bagi guru, evaluasi kinerja guru ialah contoh untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai serta sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan untuk memperbaiki kualitasnya. Khusus bagi acara pembelajaran dan pembimbingan, dijadikan dasar sebagai evaluasi kinerja guru yaitu kompetensi pedagogik, sosial dan kepribadian dan profesional ibarat yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional .

Posting Komentar untuk "Instrumen Kinerja Guru"