Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Prestasi Belajar

Prestasi berguru yaitu impian bagi setiap murid yang sedang mengikuti proses pembelajaran di sekolah serta impian bagi wali murid dan guru. Kata Prestasi berguru yaitu suatu pengertian yang terdiri atas dua kata yaitu Prestasi dan kata belajar, dimana masing-masing memiliki arti berbeda. Prestasi berguru banyak didefinisikan, seberapa jauh hasil yang sudah didapat siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau bahan pelajaran yang diterima dalam waktu tertentu.

Pada umumnya prestasi berguru dinyatakan dalam angka atau abjad untuk membandingkan dengan satu kriteria. Prestasi berguru yaitu kemampuan bagi murid dalam pencapaian berfikir yang tinggi. Harus dimiliki tiga aspek dalam prestasi berguru yaitu kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor.

Definisi prestasi berguru merupakan hasil yang didapat dengan baik pada seorang siswa baik dalam pendidikan atau bidang keilmuan. Siswa memperoleh prestasi berguru dari hasil yang telah dicapai oleh siswa yang diperoleh dari proses belajar. Definisi prestasi berguru yaitu hasil pencapaian yang maksimal berdasarkan kemampuan siswa pada waktu tertentu pada sesuatu yang dipelajari, dikerjakan, dimengerti dan diterapkan.

Seluruh pelaku pendidikan yaitu siswa, orang bau tanah dan guru tentu ingin tercapainya sebuah prestasi berguru yang baik. Prestasi berguru yang baik yaitu salah satu indikator akan keberhasilan proses belajar. Tapi kenyataannya tidak semua siswa bisa mendapat prestasi berguru yang baik dan ada siswa yang mendapat prestasi berguru yang buruk. Baik dan buruknya prestasi berguru yang diperoleh murid dipengaruhi oleh banyak sekali faktor.

Pengertian prestasi berguru bisa memiliki arti sebagai tingkat keterkaitan siswa di dalam proses berguru mengajar sebagai penilaian yang dilakukan oleh pengajar. Prestasi berguru siswa yaitu sebuah penilaian hasil perjuangan kegiatan berguru yang dituliskan dalam bentuk simbol angka atau abjad dan kalimat yang bisa mengatakan hasil yang telah didapat oleh setiap murid pada periode tertentu. Dari uraian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa prestasi berguru yaitu ukuran keberhasilan acara berguru siswa dalam menguasai sejumlah mata pelajaran selama periode tertentu.

Posting Komentar untuk "Definisi Prestasi Belajar"