Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Penelitian

Definisi Penelitian - Sebenarnya kata riset atau penelitian sering dipakai dalam percakapan sehari-hari dalam spektrum arti kata yang luas sehingga biasanya menciptakan resah siswa untuk mempelajari arti dari kata tersebut dengan petunjuk atau gejala yang terperinci untuk membedakan satu dengan lainnya. Bisa saja yang dahulunya dikenali sebagai suatu penelitian pada kenyataannya bukan, dengan begitu beberapa konsep yang salah pastinya harus diganti dengan konsep yang gres sementara konsep yang usang harus dibuang.

Pada dasarnya, semua insan selalu ingin tahun serta hal ini sanggup mendorongnya untuk bertanya dan juga mencari balasan dari pertanyaan tersebut. Salah satunya yaitu dengan melaksanakan sebuah penelitian. Adapun cara lain yaitu dengan bertanya kepada seseorang atau melalui buku bacaan, akan tetapi cara tersebut tidak selalu sanggup memperoleh balasan ataupun balasan yang kita dapatkan tidak meyakinkan.

Definisi penelitian sendiri biasanya sering disangkut pautkan dengan gosip atau pengumpulan data, kajian dokumentasi, studi pustaka, perubahan produk, penulisan makalah dan yang lainnya. Kata penelitian atau riset ini umumnya dikonotasikan dengan melaksanakan pekerjaan menyendiri di dalam laboratorium, perpustakaan maupun dalam kehidupan sehari-hari secara eksklusif.

Akan tetapi pada goresan pena kali ini akan menjelaskan definisi dari penelitian serta membedakannya dengan suatu hal yang bukan penelitian. Adapun definisi dari penelitian yaitu :

  • Penelitian atau riset merupakan suatu proses yang dilakukan dengan sistematis dengan meliputi pengumpulan dan analisis data (informasi) dalam upaya meningkatkan pengertian kita mengenai fenomena yang telah menjadi perhatian kita maupun hal yang kita minati.

Selain itu ada juga pendapat lain mengenai definisi dari penelitian yang bekerjsama tidak jauh berbeda yaitu :

  • Penelitian yaitu suatu proses ilmiah yang di dalamnya meliputi sifat intensif dan formal. Karakter intensif dan formal tersebut dikarenakan adanya ikatan terkait dengan urutan, hukum dan juga cara penyajiannya semoga mendapat hasil yang bermanfaat serta diakui bagi kehidupan. Menerapkan ketepatan dan ketelitian dalam melaksanakan penelitian harus dilakukan secara intensif semoga akhirnya sanggup dipertanggungjawabkan, sanggup memecahkan dilema dengan relasi alasannya akibat, serta sanggup diulang kembali dengan memakai cara sama dan juga hasil yang sama. 

Demikian definisi dari penelitian yang sanggup anda jadikan referensi.

Posting Komentar untuk "Definisi Penelitian"