Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Koperasi

Manajemen koperasi. Sebelum kita bicara ihwal administrasi koperasi. Terlebih dahulu saya akan bahas ihwal koperasi. Apa itu koperasi? Apakah anda sudah tau apa itu definisi koperasi. Koperasi ialah suatu tubuh perjuangan yang berbadan aturan dan terdiri dari beberapa orang sebagai anggotanya, tujuan dari sebuah koperasi ialah untuk mensejahterakan anggotanya. Kegiata koperasi merupakan suatu gerakan yang berazazkan kekeluargaan. Sehingga koperasi tidak pernah membeda- bedakan perlakuannya pada setiap anggotanya. Moh Hatt beropini bahwa koperasi ialah suatu perjuangan yang didirikan secara bersama guna memperbaiki nasib kehidupan ekonomi berdasar rasa tolong menolong.

Setelah kita atuh apa itu koperasi, anda juga harus tahu ihwal ilmu manajemen. Apa itu ilmu manajemen? Ilmu administrasi ialah ilmu yang mempelajari ihwal bagaimana cara untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan juga secara efisien dengan menggunakan sumbangan orang. Bantuan orang yang dimaksud disini mencakup aneka macam hal ibarat sumbangan tenaga, fikiran, dan juga intuisiasnya dalam aktivitas organisasi. M. Terry beropini bahwa administrasi ialah suatu proses yang terdiri dari adanya perencanaan, kemudian pengorganisasian, kemudian pelaksanaan dan juga pengawasan pemakaian ilmu dan juga seni secara bersamaan guna mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan.

Setelah kita mengetahui definisi koperasi dan definisi ilmu manajemen, kini kita bahas ihwal administrasi koperasi. Manajemen koperasi bisa diartikan sebagai proses guna mencapai sebuah tujuan dengan cara melaksanakan suatu perjuangan bersama menurut atas sebuah asas kekeluargaan. Untuk mencapai sebuah tujuan dari koperasi kita perlu memperhatikan system administrasi yang baik supaya sanggup meraih sebuah tujuan dari koperasi. Untuk itu fungsi fungsi dari administrasi harus diterapkan dalam aktivitas koperasi. Manajemen koperasi secara umum ialah suatu cara yang dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan dari koperasi dengan kerjasama sesuai dengan prinsip dan juga nilai koperasi dengan berlandaskan pada asas kekeluargaan.

Manajemen koperasi ialah suatu proses guna mencapai sebuah tujuan perjuangan yang dilakukan bersama berlandaskan atas asas kekeluargaan. Untuk mencapai sebuah tujuan dari koperasi itu sendiri, anggota koperasi harus memperhatikan adanya sebuah system dari administrasi yang baik, supaya tujuan dari koperasi sanggup dicapai. Untuk itu perlu diterapkan fungsi administrasi didalam sebuah koperasi. Artinya disini ialah bahwa sebuah koperasi harus bekerja dengan menerapkan prinsip ekonomi yang berlandaskan atas asas koperasi yang juga mengandung unsure unsure sosial.

Menurut Peter Davis tahun 1999 administrasi koperasi ialah suatu proses didalam administrasi yang dilakukan oleh orang- orang yang diberi kekuasaan dan juga diberikan tanggung jawab semoga bisa mengelola koperasi, prinsip prinsip koperasi dan juga nilai nilai koperasi dan kekayaan guna mencapai suatu tujuan. Manajemen koperasi ialah aktivitas yang professional yang dilakukan oleh beberapa orang yang mempunyai tanggung jawab dengan cara mengerahkan semua kemampuan kepemimpinan dan juga memilih kebijakan guna menyebarkan sebuah koperasi untuk mencapai tujuan berdasar nilai dan prinsip koperasi.

Posting Komentar untuk "Manajemen Koperasi"