Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelainan Sistem Pencernaan Pada Manusia

Sistem pencernaan pada insan juga sanggup mengalami gangguan. Gangguan atau kelainan pada sistem pencernaan insan diakibatkan oleh aneka macam faktor.

Berikut beberapa kelainan sistem pencernaan pada insan :

1. Xerostomia
Xerostomia yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang rongga mulut. Penderita xerostomia mengalami kondisi lisan yang kering sehingga tidak sanggup mencerna kuliner dengan sempurna. Xerostomia ditandai dengan berkurangnya air ludah yang diproduksi oleh kelenjar ludah.

2. Parotis
Parotis yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang kelenjar ludah di bawah telinga. Parotis disebabkan oleh virus yang mengakibatkan kelenjar ludah membengkak. Umumnya parotis menyerang belum dewasa di bawah usia 10 tahun.

3. Gastritis
Gastritis yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang dinding lambung. Gastritis disebabkan oleh terlalu sering mengkonsumsi kuliner yang mengandung kuman sehingga produksi asam lambung akan meningkat dan mengakibatkan peradangan pada dinding mukosa lambung.

4. Disentri
Disentri yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang usus. Disentri disebabkan oleh amuba dan basil yang mengakibatkan peradangan pada usus.
menurut penyebabnya ada dua jenis disentri, yaitu :
a. Disentri baksiler yaitu disentri yang disebabkan oleh basil shigella
b.
Disentri amebik yaitu disentri yang disebabkan oleh amuba
Gejala disentri ditandai dengan perut mulas dan mencret yang bercampur darah dan nanah.

5. Apendisitis
Apendisitis yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang usus buntu atau umbai cacing. Apendisitis disebabkan oleh basil yang menginfeksi usus buntu sehingga mengakibatkan rasa sakit dan nyeri. Penderita apendisitis akan menjalani operasi pemotongan usus buntu.

6. Maag
Maag yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang menyerang lambung. Maag disebabkan oleh helycobacter basil yang masuk bersama makanan. Penderita maag akan mengalami perut kembung, mual dan muntah-muntah. Maag di atasi dengan obat antibiotik untuk memusnahkan bakteri.

7. Demam tifoid
Demam tifoid atau tipus yaitu kelainan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh basil salmonella typhi yang masuk ke dalam badan melalui kuliner maupun air yang tercemar. Demam tifoid disembuhkan dengan mengkonsumsi antibiotik untuk menghambat pertumbuhan basil salmonella typhi.

8. Cacingan
Cacingan yaitu kelainana pada sistem pencernaan yang ditandai dengan perut buncit dan badan kurus. Ada tiga jenis cacing yang sanggup masuk ke dalam badan insan yaitu :
a. Cacing kremi
Telur cacing kremi masuk ke dalam badan memalaui kuliner mentah dan minuman yang tidak direbus dengan sempurna.
b. Cacing tambang
Telur cacing tambang masuk ke dalam badan melalui kulit. Kebiasaan menggigit kuku memicu telur cacing tambang masuk ke dalam badan dengan mudah.
c. Cacing gelang
Telur cacing gelang masuk ke dalam badan melalui kuliner dan minuman yang tercemar.

Demikianlah sekilas wacana kelainan pada sistem pencernaan manusia, biar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kelainan Sistem Pencernaan Pada Manusia"